Berita Nasional Terpercaya

Tidak Bisa Mencoblos dengan E-KTP, Warga Protes ke KPPS

0

SLEMAN, BERNAS.ID-Warga luar Yogyakarta yang tinggal di wilayah Sleman tidak bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu karena terganjal administrasi. Hal seperti itu di antaranya terjadi di TPS 126 Tambakbayan, Caturtunggal, Depok, Sleman dan TPS 41 Minomartani, Ngaglik, Sleman, Rabu 17 April 2019.

Selain karena belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tempat pemungutan suara (TPS) setempat, juga tidak memiliki formulir A5 sebagai syarat untuk memilih di luar daerah asal.

Meski antusias ingin mencoblos, dengan tetap mendatangi TPS tempat tinggalnya saat ini dengan membawa E-KTP, tapi tetap tidak bisa mencoblos karena aturan E-KTP hanya bisa digunakan di tempat asal daerahnya.

Tentu saja, warga bukan asli Yogyakarta yang ingin mencoblos merasa kecewa sehingga sempat melakukan protes kepada petugas KPPS. Untung sebelum timbul gesekan, bisa diredakan petugas keamanan.

“Katanya bisa pakai E-KTP, kok tidak bisa, padahal diminta tidak golput,” kata Ning (55) warga Depok yang saat ini berdomisili di Minomartani, Ngaglik, Sleman.

Ning mengaku untuk aturan E-KTP yang bisa digunakan untuk memilih  tidak ada sosialisasi. Ia tahu bisa memakai E-KTP dari berita keputusan MK tentang E-KTP dan Suket bisa dipakai untuk memilih.

Hal yang sama diungkapkan warga Bekasi,  yang ingin mengunakan hak pilihnya dengan memakai E-KTP di Tambakbayan, Caturtunggal, Depok, Sleman. “Banyak yang ingin mencoblos di sini dengan E-KTP tetapi tidak bisa, masak saya harus pulang, kan ongkosnya tidak sedikit. ini bagaimana pemerintah,” keluh warga Bekasi yang enggan menyebutkan nama.

Protes mereda setelah mendapatkan penjelasan dari Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri dan Bupati Sleman Sri Purnomo sehingga akhirnya bisa memahami dan menerima. 

“Untuk masalah ini sudah kami koordinasikan dan sesuai ketentuan, memang tidak boleh. Setelah dijelaskan warga bisa menerima,” kata Ahmad Dofiri saat meninjau TPS 126 Tambakbayan, Caturtunggal, Depok, Sleman. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.