Berita Nasional Terpercaya

NYIA Kantongi Sertifikat Bandar Udara dari Kemenhub

0

JOGJA, BERNAS.ID- Otoritas NYIA, PT Angkasa Pura I telah menerima sertifikat Sertifikat Bandar Udara (SBU) dari Kementerian Perhubungan pada tanggal 15 April 2019 lalu.

Juru bicara proyek NYIA, Agus Pandu Purnama mengatakan bahwa sertifikat diperoleh setelah melalui beberapa proses verifikasi, baik dari Kementrian Perhubungan ataupun Avsec, NYIA dinyatakan lolos untuk bandar udara. 

“Dengan sertifikat tersebut, NYIA sudah layak dan boleh untuk digunakan untuk penerbangan,” tuturnya saat pertemuan  Airport Security Commite NYIA, Sabtu 20 April 2019.

Selain sertifikat bandara untuk NYIA, kantor keimigrasian yang baru dibangun juga telah mendapatkan sertifikat dari Dirjen Keimigrasian, sebab jika tidak mendapatkan sertifikat, penerbangan internasional di bandara tersebut tidak bisa dilakukan. Kantor Imigrasi harus ada karena menangani orang-orang asing yang datang ke Yogyakarta melalui NYIA.

Sesuai rencana, penerbangan pertama akan dilakukan pada tanggal 29 April 2019 mendatang. Namun, pada tanggal 26 April 2019 nanti, ujicoba pendaratan pertama akan dilakukan dengan pesawat Garuda Indonesia yang membawa 175 penumpang.

Rencananya, 175 penumpang tersebut akan berangkat menggunakan kereta api dari Yogyakarta ataupun Stasiun Maguwo. Di samping itu ada juga yang menggunakan bus Damri berangkat dari Magelang, Borobudur, Kebumen atau juga Bandara Adisutjipto.

“Nanti akan kami hitung waktu yang dibutuhkan berapa,” imbuhnya.

Penerbangan pertama akan dilaksanakan pukul 09.30 WIB dan tiga jam sebelumnya para penumpang harus sampai di bandara NYIA. Ujicoba tersebut nantinya akan menjadi bahan evaluasi untuk operasional bandara. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.