Berita Nasional Terpercaya

Sertifikat Bandar Udara Terbit, Yogyakarta International Airport Siap Beroperasi

0

KULON PROGO, BERNAS.ID – Seiring dengan penerbitan Sertifikat Bandar Udara Bandara Internasional Yogyakarta dengan nomor sertifikat 149/SBU-DBU/IV/2019 oleh Direktorat Jenderal Bandar Udara (DJBU) Kementerian Perhubungan pada 26 April 2019, Yogyakarta International Airport (YIA) Siap Dioperasikan. 

Adapun penerbangan komersial pertama akan dilakukan pada dalam waktu dekat oleh maskapai Citilink dan Lion Air. Nantinya YIA akan beroperasi dari 06.00 – 18.00 WIB.

“Melalui terbitnya Sertifikat Bandar Udara dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan 26 Maret 2019 lalu, kami menyatakan kesiapan Bandara Internasional Yogyakarta untuk dioperasikan untuk penerbangan internasional dan domestik,” kata PTS. General Manager Yogyakarta International Airport (YIA), Agus Pandu Purnama, dalam siaran pers yang dikirim pada Bernas.id, Senin (29/4/2019).

Secara teknis dan administratif, Yogyakarta International Airport sudah siap untuk dioperasikan. Hal tersebut dapat dilihat dari dokumen-dokumen persyaratan yang sudah siap seperti Aeronautical Information Publication (AIP), Sertifikat Bandar Udara, Penetapan Kawasan Kepabeanan, Tempat Penimbunan Sementara, Tempat Pemeriksaan Imigrasi. 

Adapun berbagai layanan pendukung juga telah siap, seperti layanan navigasi penerbangan; layanan metereologi; layanan pengisian bahan bakar pesawat udara; fasilitas kesehatan pelabuhan, fasilitas karantina ikan, hewan, dan tumbuhan; tenant atau area komersial; groundhandling, dan dukungan transportasi darat (Damri, shuttle bus, kereta api, taksi).

Secara umum, fasilitas sisi udara (airside) YIA dinilai telah siap dengan panjang runway 3.250 meter dan lebar 75 meter. Spefisikasi ini mampu didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300 dan Airbus A380. Sejumlah fasilitas standar pelayanan bandara lainnya pun telah siap untuk beroperasi.

“Dengan segala kesiapan fasilitas YIA yang sesuai dengan standar keselamatan dan keamanan penerbangan global, kami mengundang maskapai lainnya untuk membuka rute-rute baru dari dan menuju YIA. Dengan spesifikasi runway yang mampu menampung pesawat berbadan besar, YIA dapat dijadikan maskapai sebagai hub baru untuk pengembangan rute-rute baru, baik internasional maupun domestik,” kata Agus Pandu Purnama. (*/adn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.