Berita Nasional Terpercaya

Minimalisir Kecelakaan, Supir Bus di Terminal Jombor Tes Urine

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Minimalisir kecelakaan lalu-lintas, Ditresnarkoba Polda DIY dan Sat Narkoba Polres Sleman, bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) mengadakan tes urine kepada para sopir bus di terminal Jombor, Rabu 29 Mei 2019.

Puluhan sopir bus tampak antri dan mendaftar kepada para petugas. Lalu, setelah itu, memberikan sampel urine kepada petugas untuk diperiksa.

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda DIY Kombes Pol Hermansyah mengatakan tes urine ini untuk memastikan sopir bus benar-benar sehat karena mobilitas masyarakat yang memakai kendaraan umum pada jelang mudik Lebaran 2019 begitu tinggi. Tes urine kepada para sopir bus sebagai upaya menekan angka kecelakaan karena human error.

?Jadi, agar bisa dipastikan bahwa sopir kendaraan itu betul-betul sehat, tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba,? jelasnya di sela-sela tes urine kepada para sopir bus di terminal Jombor.

Untuk memeriksa urine para sopir, petugas menggunakan alat bernama Diagnos Rapid Test yang dapat mendeteksi kandungan narkotika jenis amphetamin, metavitamin,ganja, morphin (heroin), dan psikotropika benzodiazepine secara cepat.

?Dari puluhan sampel, tidak ditemukan sampel yang terindikasi menggunakan narkoba,? tambah Kombes Pol Hermansyah.

Selain di terminal jombor, pihak kepolisian akan melakukan tes urine di terminal lainnya, pemberangkatan-pemberangkatan travel, dan kemungkinan di bandara.

?Kalau ditemukan sampel yang terindikasi narkoba tentu tidak kami izinkan untuk beroperasi, lalu kami periksa dan didalami bersama Ditresnarkoba,? ucap dia.

Sedangkan, Kabid Pengendalian dan Operasional Dishub DIY, Harry Agus Triono, mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pengelola bus untuk menyiapkan kru bus yang sehat. Selain itu, setiap empat jam, sopir bus diharuskan untuk beristirahat.

?Jadi untuk menghindari terjadi kecelakaaan, kalau memang kru bus tidak siap, bisa digantikan dengan yang siap. Jangan dipaksakan,? katanya berpesan. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.