Berita Nasional Terpercaya

BMI DIY Peringati Harlah Pancasila dengan Serangkaian Kegiatan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Banteng Muda Indonesia (BMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan serangkaian kegiatan untuk peringatan harlah (hari lahir) Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Nicolaus Langgeng Suksmanto, Penanggungjawab Kegiatan Harlah Pancasila mengatakan rangkaian acara akan diselenggarakan hari Sabtu besok (1/6). “Kegiatan ini akan menjadi momen untuk berkehidupan berbangsa sesuai Pancasila,” katanya ketika konferensi pers, Jumat 31 Mei 2019.

Ia meyakini peringatan harlah Pancasila ini menjadi penting di tengah banyaknya gesekan-gesekan di masyarakat setelah Pemilu 2019. “Saat kontestasi, kita boleh saling memandang, setelah selesai, kita memandang bersama tentang ideologi Pancasila yang terbuka pada tingkat implementasi,” katanya.

Sedangkan, Sukabiwata, Ketua Pelaksana Harlah Pancasila menjelaskan kegiatan akan dimulai dengan upacara penghormatan kepada bendera Merah Putih di kantor DPD PDIP pukul 15.30 WIB. “Dimulai dengan upacara, lalu menuju ke Pendopo Dapur Warna untuk buka bersama, kemudian dilanjutkan dengan sarasehan, yaitu pamitnya PDIP untuk menetapkan dan menanamkan nilai-nilai ideologi Marhaenisme untuk menyejahterakan petani,” ujarnya.

“Ingin mengkonkretkan marhaenisme yang digagas Bung Karno,” imbuhnya.

Untuk acara penutup, Sukabiwata menyebut panitia akan menyelenggarakan pertunjukan wayang kulit berjudul “Sengkuni Larung”. Ia menyatakan saatnya bangsa Indonesia menundung Sengkuni-sengkuni bangsa yang saat ini bermunculan.

“Kesepakatan bangsa kita sudah final. Kita berideologikan Pancasila berdasarkan UUD 1945 dan bersepakat NKRI. Kita satu bendera Merah Putih,” tandasnya.

PDIP sendiri juga akan menggelar bulan Bung Karno seperti yang sudah ditradisikan saat peringatan harlah Pancasila. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.