Berita Nasional Terpercaya

Sultan Akan Menggelar Open House Syawalan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) kembali akan menyelenggarakan open house syawalan bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Meski merupakan agenda rutin tahunan, acara ini selalu menjadi agenda Pemda DIY yang dinanti oleh masyarakat umum.

Nantinya dalam acara ini, masyarakat umum diperbolehkan bertemu dan berjabat tangan langsung dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, masyarakat dari berbagai penjuru DIY, bahkan dari luar daerah turut menghadiri acara ini. Jumlahnya pun mencapai ribuan.

Untuk pelaksanaan open house tahun ini, Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY telah mulai melakukan persiapan. Open house tahun ini telah dijadwalkan pada Senin, 10 Juni 2019 di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta pada pukul 09.00-11.00 WIB.

Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Drs. Imam Pratanadi, M.T., Rabu (29/05/2019) mengatakan, seluruh persiapan telah dilakukan guna menyambut masyarakat umum yang berniat syawalan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Seperti biasanya, syawalan tetap akan diadakan di hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran.

?Persiapan telah dilakukan. Kami harap tahun ini juga banyak masyarakat yang meluangkan waktu untuk menghadiri open house. Kami juga akan menyiapkan berbagai jamuan makanan yang dapat dinikmati masyarakat. Intinya, ini syawalan ramai-ramai bersama masyarakat,? ujarnya.

Imam menambahkan, jumlah sajian panganan yang akan disediakan masih sama dengan tahun kemarin, yakni sekitar 4.000 porsi. Menu yang disajikan pun masih sama yakni soto ayam, nasi liwet, mie rebus/goreng, aneka jenang, serta minuman teh dan air mineral.

?Jamuan ini kami harapkan dapat dinikmati bersama usai bersalam-salaman dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY,? imbuhnya.

Terkait masyarakat yang akan mengikuti acara open house ini, Imam menegaskan untuk dapat memenuhi aturan atau tata tertib yang ada. Misalnya, masyarakat yang datang diwajibkan menggunakan pakaian yang rapi, sopan dan tertib mengantri. Panitia pun akan menyediakan tempat penitipan tas demi kenyamanan pelaksanaan acara.

?Kami imbau untuk tidak perlu membawa barang berlebihan. Meski kami juga menyediakan tempat penitipan tas. Selain itu, kami berharap masyarakat yang hadir tidak melakukan dokumentasi pribadi seperti berfoto selfie, saat di atas bangsal,? jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Dra. Puji Astuti, M.Si., mengungkapkan, pihaknya menjadi penanggung jawab dalam menentukan jadwal syawalan Gubernur DIY. Seperti biasanya, selain menghadiri syawalan di Bangsal Kepatihan bersama masyarakat umum, Gubernur DIY juga akan berkeliling ke kabupaten/kota di DIY.

?Untuk kaitannya dengan jadwal di kabupaten/kota, keputusannya dilakukan melalui rapat bersama dengan perwakilan dari kabupaten/kota. Karena hari pertama masuk pasti syawalan di Bangsal Kepatihan, maka dicari hari lain untuk jadwal syawalan kabupaten/kota,? katanya.

Tuti menambahkan, sebelum melakukan rapat dengan perwakilan dari kabupaten/kota, Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY telah mengantongi jadwal hari-hari apa saja yang kosong dari kegiatan Gubernur DIY. Dengan jadwal itu, pihaknya akan mencocokkan jadwal dengan kabupaten/kota.

?Kabupaten/kota yang akan menyesuaikan, kadang langsung cocok, tapi kadang juga tidak cocok. Yang tidak cocok, tentu mengusulkan jadwal baru. Nanti dari jadwal usulan itu kita sesuaikan lagi dengan jadwal kosong Gubernur DIY lainnya. Yang penting, masih di dalam Bulan Syawal,? jelasnya. (*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.