Berita Nasional Terpercaya

Informasi Arus Balik Terminal Giwangan

0

YOGYA, BERNAS.ID – Puncak arus balik angkutan Lebaran 2019 di Terminal Giwangan Yogyakarta diperkirakan terjadi pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6). Diperkirakan, jumlah penumpang yang diberangkatkan berkurang dibanding tahun lalu.

?Pada hari H Lebaran, (Rabu 5/6), jumlah penumpang di Giwangan menurun. Namun, mulai H+1 Lebaran diperkirakan akan mengalami kenaikan dan mencapai puncaknya pada akhir pekan,? kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta, Kamis (6/6/2019).

Menurut Bekti, puncak arus balik di Giwangan terjadi pada akhir pekan karena banyak pegawai yang sudah harus kembali bekerja pada awal pekan.

Berdasarkan data pergerakan penumpang pada masa angkutan Lebaran tahun lalu, pada H+3 Lebaran, jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan mencapai 17.384 orang dan pada H+4 Lebaran tercatat sebanyak 16.322 penumpang yang diberangkatkan.

Walau demikian, puncak arus balik pada masa angkutan Lebaran tahun lalu terjadi pada H+6 Lebaran dengan 18.447 penumpang yang diberangkatkan, khusus untuk penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Apabila bus reguler yang dioperasionalkan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan penumpang selama arus balik, maka Terminal Giwangan akan langsung menghubungi perusahaan otobus untuk meminta bus tambahan.

Pada Sabtu (8/6) juga akan diberangkatkan penumpang yang mengikuti program balik gratis dengan tujuan Jakarta.

Sementara itu, guna memastikan kelaikan bus untuk operasional, Bekti memastikan bahwa petugas di Terminal Giwangan selalu melakukan uji petik ram check terhadap bus yang akan diberangkatkan.

Sejumlah pengecekan yang dilakukan terhadap bus, di antaranya kelengkapan wiper, kondisi spion, rem tangan, lampu, kondisi ban, kondisi kaca serta kelengkapan keselamatan bus seperti palu, alat pemadam api ringan, dan kelengkapan administrasi bus. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.