Berita Nasional Terpercaya

Ramainya Pasar Beringharjo di Lebaran 2019

0

YOGYA, BERNAS.ID – Pasar Beringharjo adalah salah satu kawasan di Jogja yang dipadati pengunjung di libur lebaran. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pasar yang berada di sisi selatan Malioboro tak luput dari serbuan para wisatawan yang hendak berburu oleh-oleh atau sekadar baju baru.

Di bagian depan Pasar Beringharjo yang merupakan pusat pedagang pakaian, hampir semua kios telah buka dan dikunjungi pembeli. Meski demikian, pada Sabtu (8/6/2019) pagi, sebagian kios yang berada di lantai dua masih terlihat tutup, kendati kondisi pasar sudah ramai.

Kios yang tutup akan kita temukan semakin banyak di Pasar Beringharjo bagian belakang. Bagian ini ditempati campuran antara pedagang bahan makanan, aksesoris dan pakaian. Beberapa kios menempel kertas di pintu depannya bertuliskan ?Libur lebaran, 5-8 Juni 2019“.

Salah satu pedagang, Rudi Mulya, baru saja membuka lapaknya Jumat (7/6/2019). Penjual pakaian anak-anak asal Padang ini memilih buka di hari ketiga lebaran karena memang tidak mudik tahun ini.

'”Banyak yang masih tutup itu mungkin masih pada syawalan, atau pulang kampung,? katanya.

Ia melihat, jika dibanding hari biasa, saat lebaran ini pengunjung Pasar Beringharjo memang meningkat. Tapi menurutnya, meningkatnya penunjung tidak selalu berarti meningkat pula pembelian.

?Dibanding hari biasa pembelian meningkat, tapi tidak sampai 50 persen,? katanya.

Menurutnya, bila dibanding tahun lalu, pembeli tahun ini masih kalah banyak. Ia menilai banyak faktor yang menyebabkan menurunnya pembeli ini, salah satunya adalah karena sekarang libur lebaran berbarengan dengan tahun ajaran baru, sehingga prioritas orang tua lebih ke keperluan sekolah. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.