Berita Nasional Terpercaya

Pemkot Jogja Konsultasikan Penyerahan Aset Terminal Giwangan ke DIY

0

YOGYA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota Yogyakarta akan melakukan konsultasi ke Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta terkait penyerahan aset Terminal Giwangan kepada Kementerian Perhubungan. Ini sebagai tindak lanjut rencana revitalisasi terminal dari pemerintah pusat.

?Kami akan berkonsultasi secara resmi ke DIY, ?sowan? ke Gubernur untuk masalah ini. Kami harus menunggu persetujuan dari DIY karena status tanah di terminal adalah HGB di atas HPL,? kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Balaikota Yogyakarta, Senin, (17/6/2019).

Menurut Haryadi, hasil pertemuan dengan Pemerintah DIY tersebut akan menjadi bahan saat Pemerintah Kota Yogyakarta berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait rencana revitalisasi terminal tipe A tersebut.

Ia menyebutkan, pada awalnya hanya berkeinginan agar pengelolaan terminal saja yang dilimpahkan kepada pemerintah pusat, sedangkan seluruh aset terminal masih berada di bawah kewenangan Pemerintah Kota Yogyakarta.

?Tetapi, hal ini akan menyulitkan penganggaran dari APBN karena tidak memungkinkan. Terlebih akan ada investasi yang diberikan,? katanya.

Sesuai rencana, Terminal Giwangan Yogyakarta ditunjuk sebagai satu dari lima atau enam terminal yang menjadi sasaran proyek rintisan pemerintah pusat berupa revitalisasi terminal. Dari revitalisasi tersebut, diharapkan wajah terminal akan berubah layaknya bandara.

?Kalau rencana itu direalisasikan, seluruh pendanaan akan dibiayai oleh pemerintah pusat. Harapannya, masyarakat bisa beralih ke moda transportasi umum massal khususnya bus. Apalagi, jalan tol Trans Jawa sudah tersambung dan akan dibangun jalan tol ke Yogyakarta. Tentunya, akses menjadi semakin mudah,? katanya.

Selain itu, lanjut Haryadi, fungsi terminal juga bisa ditingkatkan sebagai pusat transportasi antarmoda salah satunya ke Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo.

?Sesuai kesepakatan, akan ada bus Damri untuk melayani YIA ke dan dari Giwangan. Harusnya hari ini sudah beroperasi,? katanya.

Keberadaan bus ke YIA tersebut diharapkan akan semakin mempermudah masyarakat dari dan ke bandara baru. ?Selain kendaraan pribadi dan kereta bandara, akan ada alternatif lain yaitu menggunakan bus,? sambungnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.