Berita Nasional Terpercaya

Komunitas Rally Gelar Halal bi Halal Demi Memajukan Kancah Rally Tanah Air

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Komunitas Rally Indonesia baru saja mengadakan halal bihalal pada Rabu (3/7/2019) lalu. Acara yang digagas oleh Komisi Rally Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat ini dihadiri oleh sebanyak 48 pereli lintas generasi. Salah satu agenda yang menjadi perbincangan hangat adalah tentang situasi rally Indonesia yang memiliki potensi untuk berkembang pesat di masa yang akan datang.

Rifat Sungkar selaku Ketua Komisi Rally IMI Pusat menjelaskan bahwa Indonesia perlu mencontoh apa yang dilakukan oleh negara lain. ?Pengalaman saya berlaga di ajang internasional juga sekaligus memberikan pengalaman tersendiri. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari negara-negara maju yang sukses menyelenggarakan rally di daerah mereka masing-masing,” katanya.

Rifat memberikan contoh jika Inggris dapat menggelar 700 ajang rally dalam satu tahun. Hal ini tidak lepas dari sistem yang telah terbentuk selama puluhan tahun di negara tersebut sehingga seluruh penggiat rally, baik panitia, peserta, maupun penonton memahami betul estetika kejuaraan rally yang berhasil menjadi daya tarik bagi banyak pihak. 

Selain itu, Komunitas Rally Indonesia juga berdialog tentang bagaimana mengembangkan kancah rally dari sistem pelaksanaan yang lebih ekonomis namun tetap memberikan kualitas terbaik sehingga pihak EO atau penyelenggara dapat diuntungkan. ?Pada kesempatan ini kita sama-sama membahas tentang penyelenggaraan event rally, terlebih soal anggaran. Apa saja yang harus diadjust agar pada akhirnya penyelenggaraan event rally bisa menjadi komoditas yang menarik dan menguntungkan berbagai pihak. Lebih dari itu, komunitas ini bisa semakin maju pula,? tambah Rifat.

Pertemuan Komunitas Rally Indonesia kali ini merupakan pertemuan lanjutan setelah pada pertengahan Juni lalu telah dilaksanakan petemuan antar Komisi Rally yang dihadiri oleh Adi Wibowo, Edwin Camat, Robi Prasetyo, Anthony Sarwono, serta Irwan Kurniawan. Pertemuan tersebut juga menghadirkan EO rally yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.  

Rifat juga ikut memaparkan jadwal pelaksanaan event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally dan Sprint Rally selama tahun 2019 dan 2020. Berikut terlampir jadwal event tersebut:

JADWAL EVENT 2019 – KEJURNAS SPRINT RALLY

Putaran 1 : 17-18 Agustus 2019, Banteng – Banteng Motorsport

Putaran 2 :  7-8 September 2019, Jabar ? Meikarta (RFT Motorsport)

Putaran 3 :  28-29 September 2019, Jambi – Sprint Rally & Speed Offroad

Putaran 4 :  26-27 Oktober 2019, Jambi – Sprint Rally & Speed Offroad

Putaran 5 :  7-8 Desember 2019, Jabar – IMI Jabar

JADWAL EVENT 2020 – KEJURNAS SPRINT RALLY

Putaran 1  : 8-9 Februari 2020, Jabar – IMI Jabar

Putaran 2 : 7-8 Maret 2020, Jabar – Meikarta (RFT Motorsport)

Putaran 3 : 27-28 Juni 2020, Jatim – Sirkuit Selopark Nganjuk

Putaran 4 : 22-23 Agustus 2020, Banten – Banteng Motorsport

Putaran 5 : 3-4 Oktober 2020, Jambi

Putaran 6 : 7-8 November 2020, Jabar/DKI, King of King.
(*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.