Berita Nasional Terpercaya

Warga Sleman Bisa Peroleh Darah Gratis di PMI Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID-Penggalangan Bulan Dana PMI 2019 resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun di Aula Lantai III Komplek Setda Sleman, Jumat (5/7). Kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama 6 bulan, mulai dari tanggal 1 Juli hingga 30 Desember 2019.

Sri Muslimatun mengatakan sebagai salah satu pelayanan kesehatan kepada warga Sleman,  Pemkab Sleman menganggarkan biaya dari APBD untuk membayar biaya pengolahan darah kepada PMI Sleman. Warga Sleman nantinya dengan mudah bisa memperoleh darah dari PMI dengan cuma-cuma.

“Ini merupakan salah satu tanggung jawab Pemkab Sleman, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Sleman,” katanya, 5 Juli 2019.

Meski tahun ini tidak memiliki target pengumpulan dana, Sri Muslimatun menyebut Pemkab Sleman menargetkan 1200 kantong darah di tahun 2019 karena kegiatan ini merupakan ladang amal bagi kita.

Sedangkan, Ketua PMI Sleman, Sunartono mengatakan bahwa sejak 1 Januari 2019, biaya pengolahan darah di PMI Sleman telah dibiayai oleh Pemkab Sleman. “Untuk itu bagi warga Sleman yang membutuhkan darah di PMI Kabupaten Sleman tidak dipungut biaya. Ketersediaan darah di PMI Sleman sendiri pada tahun 2019 sebanyak 10.000 kantong darah,” ujarnya.

Menurut Sunartono, PMI Kabupaten Sleman saat ini sudah meningkatkan metode pengujian darah untuk meyeleksi darah yang diperoleh. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.