Menyikapi Wacana Penghapusan Pelajaran Agama


06 Juli 2019

H. Sukamta, PhD, Anggota DPR RI, Dapil DIY, Sekretaris Fraksi PKS (Istimewa)

WACANA penghapusan pelajaran agama kembali mencuat. Hal ini terus berulang muncul. Kali ini wacana tersebut muncul dari SD Darmono, seorang pengusaha yang merupakan Dirut Jababeka, pegiat budaya, dan pendiri President University. 

Tahun 2017 viral hoax bahwa tokoh perempuan Musdah Mulia lewat laman facebooknya pernah menyatakan wacana penghapusan mata pelajaran agama di sekolah. Pada tahun yang sama juga viral hoax bahwa Menteri Pendidikan Muhajir Effendi akan menghapus pelajaran agama di sekolah. Maret 2019 belum lama ini juga viral video ibu-ibu yang menyatakan jika Jokowi memenangi Pilpres 2019 maka pelajaran agama akan dihapus, dan ini juga dinyatakan fitnah. Itu semua dianggap menyebarkan hoax. 

Tapi hari ini kita secara jelas dan gamblang, bukan hoax lagi, ada seorang tokoh yang merupakan Dirut Jababeka, pendiri President University, tokoh yang bergelut di bidang budaya dan sosial, SD Darmono,  mewacanakan dan mengusulkan kepada pemerintah agar pelajaran agama di sekolah dihapus. Sebenarnya ada apa di balik ini semua? Wacana-wacana penghapusan mata pelajaran agama di sekolah terus muncul, meskipun yang sebelumnya dinyatakan hoax. Jika kita pandang secara sekilas, wacana-wacana seperti ini mengindikasikan masih ada pihak-pihak di republik ini yang memiliki pola pikir sekularisme dan pluralisme yang menganggap agama sebagai faktor pemicu radikalisme dan disintegrasi serta penyebab keterbelakangan suatu bangsa. Akhirnya mereka menginginkan penghapusan mata pelajaran agama. 

Wacana ini bertentangan dengan amanah konstitusi kita. Pancasila sila ke-1 menegaskan Indonesia negara yang berketuhanan, mengakui agama-agama dan menolak paham anti agama. UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 menegaskan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Wacana ini juga dinilai usang dan tidak sesuai dengan kemajuan zaman. Sekarang dalam dunia pendidikan umum sudah dikenal kecerdasan religius sebagai faktor terpenting dalam mengukur kesuksesan anak manusia. Kecerdasan ini mulai diterapkan dan dimasukkan dalam kurikulum-kurikulum di Barat sejak awal tahun 2000an. Kalau Indonesia di negara yang menganut paham Pancasila menghapus pendidikan agama artinya pendidikan kita akan mundur 50 tahun. Jangan-jangan pengusul penghapusan pendidikan agama tidak paham soal pendidikan dan bias pandangan terhadap nilai-nilai dan ajaran agama. 

Oleh karena itu, pendidikan agama baik di pendidikan nonformal maupun formal sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional tadi. Kalau dihapus salah satunya, misalnya di pendidikan formal, maka tak ada jaminan anak-anak kita mendapat pendidikan agama di pendidikan nonformal. Sebetulnya pendidikan agama yang paling utama adalah di keluarga, tapi ini juga tidak bisa disamaratakan semua keluarga memiliki pemahaman dan ilmu agama yang mumpuni. Di dalam Islam misalnya, agama bukan hanya saja soal iman dan akhlaq. Tapi lengkap dan lebih kompleks, ada ilmu-ilmu lain wajib diketahui oleh seorang Muslim, seperti fiqih ibadah, muamalah, munakahat, ilmu waris, memandikan jenazah, dan seterusnya. Tidak semua keluarga memiliki penguasaan ilmu-ilmu ini kan? Ini contoh kecil saja, kalau tidak di pendidikan formal di mana lagi anak-anak kita akan mendapat pelajaran agama yang pokok dan detail seperti itu? Ilmu-ilmu agama seperti inilah yang kita ajarkan. Hal ini sekaligus menjawab kekhawatiran pendidikan agama menjadi sumber rekrutmen radikalisme. Kita setuju dengan pemahaman agama yang moderat, pertengahan, toleran dan adil serta tidak setuju dengan ekstremisme (sikap melampaui batas) dalam beragama. Justeru dengan pendidikan agama di sekolah formal inilah kita bisa membentengi anak-anak didik dengan pendidikan agama yang benar seperti penanaman nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, pengorbanan, saling menghargai, dan seterusnya, agar tidak mudah terpapar dengan pemahaman agama yang melampaui batas, baik yang dikatakan radikalisme maupun liberalisme. 

Selain itu, lebih jauh, pendidikan agama juga sangat penting karena terkait dengan kebahagiaan seseorang. Martin Seligman, seorang tokoh yang bergelut dalam dunia psikologi di Amerika Serikat, menyatakan bahwa salah satu faktor kebahagiaan adalah agama dan religiusitas.
 
Pernyataan Seligman ini sedikit banyak terkonfirmasi oleh beberapa survei. Di antaranya Gallup tahun 2019 yang mensurvei 150 ribu responden dari 140 negara menyimpulkan bahwa orang Indonesia menjadi orang paling bahagia ke-5 di dunia. 

Lebih spesifik lagi, anak muda di Indonesia juga termasuk yang paling bahagia di dunia, menurut survei lain yang dilakukan organisasi Inggris Varkey Foundation selama September-Oktober 2016 dengan responden anak-anak muda yang lahir pada periode 1995-2001 (Generation Z) di 20 negara yaitu Nigeria, Israel, India, Argentina, Amerika Serikat, Cina, Rusia, Kanada, Brasil, Afrika Selatan, Jerman, Italia, Inggris, Prancis, Australia, Selandia Baru, Turki, Korea Selatan, dan Jepang. 

Survei Varkey menyimpulkan bahwa anak-anak muda di Indonesia mencatat level tertinggi untuk kebahagiaan dengan skor bersih 90% disusul kemudian oleh Nigeria, Israel, dan India. Menurut tim Varkey, ini mungkin menunjukkan bahwa tinggal di negara yang relatif makmur dan maju secara ekonomi tak serta merta menjamin kebahagiaan. Untuk Indonesia, komitmen terhadap agama adalah penyebab utama kebahagiaan. 

Dalam pembangunan, aspek kebahagiaan inilah yang sebetulnya paling penting. Tapi bukan berarti menafikan aspek ekonomi dan kesejahteraan. Untuk apa maju perekonomian suatu bangsa tapi warga negaranya tidak bahagia. Mindset seperti inilah yang mulai dianut oleh sebagian pihak. Di negara Bhutan saja yang dipakai untuk mengukur pembangunan adalah National Happiness Index. Indikator pembangunan yang selama ini dipakai di dunia adalah pertumbuhan ekonomi / GDP (growth) yang cenderung melihat segala sesuatunya dari angka, sehingga manusia dilihat sebagai mesin ekonomi. Tapi belakangan ini sudah ada indikator alternatif yang merupakan pelengkap dari GDP yaitu Human Development Index (HDI) yang mementingkan aspek kualitas hidup manusia dilihat dari aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli. Indonesia termasuk negara yang menggunakan HDI ini dalam perencanaan pembangunan. Mulai beberapa tahun belakangan ini pemerintah bersama DPR menggunakan indikator HDI ini selain GDP dalam perencanaan pembangunan lewat RAPBN. Jadi aspek manusia harusnya lebih diperhatikan bukan hanya sebatas sebagai mesin ekonomi. Dari sini harusnya mindset yang terbangun dalam mengelola negara ini adalah menumbuhkan kesadaran beragama demi mewujudkan kebahagiaan nasional. Menghapus pendidikan agama sama saja memustahilkan kebahagiaan nasional terwujud. 

Seharusnya dengan mindset pembangunan seperti itu, justeru porsi pendidikan agama semakin ditambah, bukan malah dihapus. Bahkan perlu digagas upaya mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam berbagai mata pelajaran. Maka adanya gagasan RUU Pesantren dan Pendidikan Agama perlu kita dukung bersama untuk menguatkan pendidikan agama pada 3 pilar pendidikan; pemerintah, sekolah/pesantren, dan keluarga.

Lalu bagaimana bila penghapusan pelajaran agama ini benar-benar terjadi? Situasi sangat berbahaya akan mengancam, Indonesia akan mengalami krisis multi dimensional yang bisa menjadi sebab hancurnya bangsa. Bahkan yang paling parah, Arnold Toynbee dalam buku A Study Of History menegaskan bahwa melemahnya visi spiritual suatu peradaban akan memunculkan disintegrasi peradaban tersebut. Kita semua tidak ingin ini terjadi kan? 

Jadi menurut hemat kami, setop wacana-wacana penghapusan pelajaran agama, dan jangan sekali-sekali berpikiran atau bahkan melakukan upaya-upaya untuk mengurangi, menjauhkan atau menghilangkan nilai-nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kita. Wacana ini tidak perlu diteruskan. Kami percaya pemerintah masih waras untuk tidak menyetujui wacana ini, karena itu sama saja pemerintah mengkhianati amanah konstitusi dan jati diri bangsa sendiri. Kami seluruh bangsa Indonesia menolak wacana penghapusan pelajaran agama.

(H. Sukamta, PhD, Anggota DPR RI, Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta,  Sekretaris Fraksi PKS)


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Hukum dan Kriminal

Gelapkan 20 Mobil, Pria Pandowoharjo Sleman Ini Ditangkap

SLEMAN, BERNAS.ID- Unit Reskrim Polres Sleman berhasil menangkap pelaku tindak pidana penggelapan 20 unit mobil rental berinisial YW (32) warga Pandowoharjo Sleman. YW menggelapkan puluhan mobil rental dalam kurun waktu 4 bulan terakhir. ...

Olahraga

Lari Halang Rintang AUOR 2019 Lanud Adisutjipto Siap Digelar

SLEMAN, BERNAS.ID - Lanud Adisutjipto kembali menggelar lari halang rintang, Adisutjipto Urban Obstacle Run (AUOR) 2019 pada tanggal 1 September 2019 nanti. Event olahraga halang rintang ini diselenggarakan untuk yang kedua kalinya setelah ...

Ekonomi

Belum Banyak Koperasi di Jogja yang Manfaatkan Teknologi Informasi

YOGYA, BERNAS.ID - Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta memaparkan bahwa belum banyak koperasi di kota tersebut yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung manajemen pengelolaan sehari-hari. “M ...

Olahraga

Peserta Sleman Temple Run Antusias Ikuti Lari Lintas Candi

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman sukses menyelenggarakan salah satu event lari terbesar Sleman Temple Run (STR) 2019. Event lari yang diikuti 808 peserta ini dipusatkan di Kawasan Wisata Candi Banyunibo pada har ...

Politik

Prabowo dan Jokowi Bertemu, Dua Tokoh Nasional Angkat Bicara

SLEMAN, BERNAS.ID- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais belum bisa memberikan komentarnya terkait pertemuan Prabowo Subianto dengan Presiden Jokowi di Stasiun MRT tadi siang, Sabtu siang 13 Juli 2019. Terkait p ...

Politik

Bertemu Prabowo, Presiden Jokowi: Tidak Ada Lagi "Cebong" dan "Kampret"

JAKARTA, BERNAS.ID - Kontestasi pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden 2019 telah berakhir. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah resmi menetapkan pasangan Joko Widodo-K.H. Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pe ...

DIY

Pemprov DIY Dukung Raperda Inisiatif Pengelolaan Sumber Daya Air

YOGYA, BERNAS.ID - Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X  membacakan pendapat dari Gubernur DIY atas Raperda Pengelolaan Sumber Daya Air di Gedung DPRD DIY, Jumat (12/7/2019). Ia menegaskan dukungan akan inisiatif DPRD dalam menyu ...

Lifestyle

Pejabat Pemkot Jogja Ber-fashion Show di Pameran Gaya Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta terus berkomitmen dalam memajukan dan mengembangkan berbagai potensi industri kreatif khususnya dari pelaku usaha kecil mikro di Kota Yogyakarta. Hal ini dibuktikan Pemkot Yogyakarta den ...

Daerah

354 Jemaah Calon Haji Asal Kota Yogyakarta Diberangkatkan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Sebanyak 354 calon jemaah haji Kota Yogyakarta yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 21 SOC diberangkatkan dari Balaikota Yogyakarta menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jum’at (13/7/2019). Kepala ...

DIY

Pemkot Jogja Siapkan Aturan Pengurangan Penggunaan Plastik

YOGYA, BERNAS.ID- Pemerintah Kota Yogyakarta sedang menggodok aturan terkait gerakan pengurangan penggunaan plastik. Ini akan dimulai di seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah termasuk kelurahan dan kecamatan. ...

Hukum dan Kriminal

Residivis Bambung Tak Kapok untuk Mencuri

SLEMAN, BERNAS.ID- Sedang menjalani cuti bersyarat dari Rutan Wirogunan, Bambang Suradi (41) alias Bambung tidak kapok lagi untuk melakukan tindak pidana pencurian. Sebelumnya, residivis ini pada tahun 2014 dan 2016, juga pernah dipenjara d ...

Hukum dan Kriminal

Produsen dan Penjual Mihol Merek Palsu Tanpa Izin Edar Diringkus

SLEMAN, BERNAS.ID- Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY meringkus pria berinisial RD (31) warga Caturtunggal, Depok, Rabu (3/7) karena menjadi produsen sekaligus penjual minuman beralkohol (mihol) tanpa izin ...

DIY

BBLM Yogyakarta Tutup Pelatihan 68 Catran untuk Dikirim ke Kalimantan

SLEMAN, BERNAS.ID- Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan penutupan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi untuk 68 calon transmigran (catran), sekaligus pengarahan dan perkenalan kepala ...

Pariwisata

Yogyakarta Akan Menjadi Tuan Rumah ICBM

BANTUL, BERNAS.ID - Untuk kesepuluh kalinya, Indonesia Corporate Business Meeting (ICBM) yang merupakan kerja bareng Kementerian Pariwisata RI dan Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Proevent, akan digelar di Yogyakart ...

Politik

Presiden Jokowi Minta Polri Tingkatkan Profesionalitas

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara dalam Peringatan ke-73 Hari Bhayangkara yang digelar di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (10/6/2019). Ribuan personel gabungan dari TNI dan Polri, se ...

DIY

Hari Bhayangkara ke-73, Sultan Harap Polri Tingkatkan Prestasi

SLEMAN, BERNAS.ID -Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono  (HB) X menjadi inspektur upacara dalam upacara hari Bhayangkara ke-73. Upacara diikuti jajaran TNI Polri dan instansi lainnya di halaman Mapolda DIY, Condongcatur, Depok, Slema ...

Ekonomi

Ada 6.645 Lowongan Kerja di Job Fair Pemkot Jogja 2019

YOGYA, BERNAS.ID - Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrans Kota Jogja membuka kesempatan kerja pencari kerja dengan menggelar Job Fair. Acara digelar Rabu (10/7) sampai Jumat (12/7/2019) di LPP Jogja, Jalan Urip Sumoharjo. "Semoga bisa m ...

DIY

BBM Solar Bersubsidi Diselundupkan dengan Dokumen Palsu

SLEMAN, BERNAS.ID- Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY mengungkap tindak pidana penyalahgunaan peredaran bahan bakar minyak (BBM) solar subsidi dengan dokumen palsu untuk dijual ke perusahaan. Pengungkapan tersebut ...

DIY

Mahasiswi 22 Tahun Jalani Praktek Prostitusi Online

SLEMAN, BERNAS.ID- Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polres Sleman membongkar praktek prostitusi online yang melibatkan seorang mahasiswi berinisial AA yang masih berumur 22 tahun, warga Jambi. Humas Polres Sleman, Iptu Edy Widaryant ...

DIY

Operasi Pekat, 90 Tersangka Ditangkap

SLEMAN, BERNAS.ID- Selama melaksanakan Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) Progo 2019 dari tanggal 24 Juni sampai 3 Juli 2019 lalu, Polda DIY bersama Polres jajarannya berhasil mengungkap 46 kasus dengan 90 tersangka. Dari jumlah itu, di ...

Politik

Fadli Zon Tolak Rekonsiliasi

YOGYA, BERNAS.ID – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai tidak perlu dilakukan rekonsiliasi usai pemilu 2019. Dirinya berharap kasus-kasus beraroma politik yang menimpa beberapa tokoh dihentikan. “Menurut saya re ...

Kesehatan

Ratusan Anak di Sleman Bersatu Lawan DBD

SLEMAN, BERNAS.ID- Ratusan anak SD se-Kecamatan Sleman mengikuti Jambore Tanggap Bocah (TABO) yang diadakan Kabupaten Sleman melalui Dinas Kesehatan di Lapangan Pemda Sleman, Senin 8 Juli 2019. TABO (Tanggap Bocah) merupakan juru pemanta ...

Budaya

Konser di Prambanan, Yanni Sebut Orang Indonesia yang Termanis

KLATEN, BERNAS.ID - Komposer, musisi, sekaligus produser musik asal Yunani, Yanni, melangsungkan tur konser “25th Anniversary Acropolis” pada even musik Prambanan Jazz Festival 2019 di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Sabtu ...

Budaya

Alex Mercado Pamer Kelincahan Jari di Prambanan Jazz 2019

KLATEN, BERNAS.ID - Pianis asal Meksiko Alex Mercado berhasil tampil memukau dalam perhelatan hari pertama Prambanan Jazz 2019, Jumat (5/7/2019) petang. Meski tampil seorang diri, ia berhasil membuat semarak suasana memasuki malam di Candi ...

DIY

Warga Desa Jurangjero Sambut Gembira Bantuan Air Bersih

JOGJA, BERNAS.ID- Bencana kekeringan yang melanda Gunungkidul tengah memasuki bulan ketiga. Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, memasuki bulan Juni 2019 tercatat sebanyak 14 kecamatan sedang mengalami keker ...

Pendidikan

Simpangsiur Pengumuman PPDB, Disdik Sleman Verifikasi Ulang Data

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman mengakui adanya kendala pada sistem perangkingan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMP sehingga ada nama calon siswa yang seharusnya diterima, tapi tidak m ...

Budaya

Alex Mecardo Siap Tampil dengan Aransemen Bernuansa Meksiko di Prambanan Jazz 2019

YOGYA, BERNAS.ID -- Konser Prambanan Jazz 2019 dijadikan media diplomasi budaya antara Indonesia dan Meksiko. Alex Mecardo, musisi dunia asal Meksiko, akan tampil dalam Special Show di event tersebut, membawa penonton terpesona dengan arans ...

DIY

Antisipasi Kekeringan, Sleman Lakukan 3 Hal

SLEMAN, BERNAS.ID- Pemerintah Kabupaten Sleman menyatakan sudah menyiapkan antisipasi siklus kekeringan yang kerap terjadi di daerah Prambanan bagian atas. Saat ini sedang diupayakan inventarisasi sumber-sumber mata air dan penanaman bibit- ...

DIY

Kapolda DIY Menilai Aiptu Ifanudin Layak Menjadi Perwira

SLEMAN, BERNAS.ID-Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun bersama dengan Kapolda DIY, Irjen Pol Drs Ahmad Dofiri melakukan silaturahmi di Balai Desa Ambarketawang Kecamatan Gamping, Sleman. Tujuannya, meninjau langsung potensi masyarakat dan ko ...

DIY

Komplotan Spesialis Minimarket Diringkus

SLEMAN, BERNAS.ID- Tiga pencuri spesialis minimarket lintas provinsi berinisial NK (38) warga Banten, AS (43) warga Tangerang, dan HS (31) warga Bekasi ditangkap petugas Satreskrim Polres Sleman. Komplotan ini mengaku telah beraksi di 18 TK ...

DIY

Dirut KAI Lepas Puluhan Peserta Fun Bike di Sarkem

YOGYA, BERNAS.ID  - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro melepas puluhan peserta acara fun bike di area Loko Coffee Jalan Pasar Kembang (Sarkem) Kota Yogyakarta , Selasa (2/7/2019). Fun bike ini merupakan rangka ...

DIY

Seminar Pendidikan Kedinasan Tingkatkan Sumber Daya Manusia

SLEMAN, BERNAS.ID - Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan seminar ...

Pariwisata

JITM 2019, Industri Pariwisata DIY Tawarkan Paket Wisata Budaya

SLEMAN, BERNAS.ID - Dalam ajang Jogja Internasional Travel Mart (JITM) 2019, sebanyak 70 stan seller akan mempromosikan paket wisata beserta produk dan jasanya kepada 123 buyer dari 27 negara dalam agenda table top atau tatap muka bisnis to ...

DIY

344 Personil Polda DIY Naik Pangkat

SLEMAN, BERNAS.ID- Bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-73, sebanyak 344 personel Polri  yang bertugas di kepolisian daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Terdiri& ...

DIY

Dandim 0729/Bantul Geruduk Mapolres Bantul

BANTUL, BERNAS.ID - Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul, Letkol Kav Didi Carsidi bersama beberapa Perwira Seksi Kodim 0729/Bantul menggeruduk Mapolres Bantul, Senin (1/7/2019). Kunjungan Dandim dan staf kali ini bukan dalam urusan pekerj ...

DIY

Langgar Wasiat Ayah, Apes Ditangkap Polisi

SLEMAN, BERNAS.ID- Tak mematuhi wasiat Almarhum Ayahnya agar tak melakukan aksi pencopetan di Daerah Istimewa Yogyakarta, nasib apes dialami perempuan berinisial DP (26), warga Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Menurut pengakuan DP, i ...

Lingkungan

Dukung Konektivitas Antar Pulau, Pushidrosal Perbaharui Peta Laut Larantuka

LARANTUKA, BERNAS.ID - Larantuka merupakan kota pelabuhan yang  berada tepat di bawah kaki gunung Mandiri dan merupakan salah satu lokasi dengan aktifitas pelabuhan paling ramai di NTT. Larantuka merupakan kota di pesisir yang diapit o ...

DIY

HUT Bank Jogja Ke 58 : Walikota Minta Tingkatkan Pelayanan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - PD BPR Bank Jogja menggelar Jalan Sehat dan Pengundian Hadiah Utama Tabungan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Jogja ke 58, Minggu (30/6/2019) bertempat di Stadion Kridosono Yogyakarta. Walikota ...

Kesehatan

Kelurahan Cokrodiningratan Bentuk Posbindu Cegah Kasus Penyakit Tidak Menular

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Bahaya kasus penyakit tidak menular akibat gaya hidup yang tidak sehat menjadi keprihatinan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta yang kemudian mendorong setiap wilayah membentuk Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) untuk ...

Ekonomi

Perkuat Bisnis Tiket Transportasi, Traveloka Bermitra dengan PO Sinar Jaya

JAKARTA, BERNAS.ID - Traveloka sebagai perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle terdepan untuk destinasi lokal dan internasional dalam satu platform, terus mengoptimalkan pelayanan jasa transportasi darat. Hal ini diwujudkan ...

Pendidikan

Bupati OKU Hadiri Pelepasan Santri Ponpes Miftahul Jannah

OKU, BERNAS.ID - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) H. Kuryana Azis menghadiri acara pelepasan santri Angkatan XIV Pondok Pesantren ( Ponpes ) Miftahul Jannah yang berada di Kecamatan Peninjauan, Kabupaten OKU, Sumsel, Sabtu (29/6/2019). Aca ...

Lingkungan

Kementerian PUPR Siap Bantu Pemda Relokasi Warganya dari Kawasan Kumuh

JAKARTA, BERNAS.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan siap membantu pemerintah daerah (Pemda) yang ingin merelokasi warganya dari kawasan kumuh. Dalam hal ini, pemerinta ...

Kesehatan

Satgas Yonif 725/Woroagi Lakukan Jambanisasi di Perbatasan RI-PNG

PAPUA, BERNAS.ID - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia - Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG ) Batalyon Infanteri (Yonif) 725/Woroagi Pos Bompay yang dipimpin oleh Letda Inf Rusdi membangun jamban dan sumur untuk masyarakat ...

Pendidikan

Menteri Susi Apresiasi KKN di Pesisir atau Kepulauan

SLEMAN, BERNAS.ID- Genap berusia 70 tahun, sebagai realisasi wujud perjalanan panjang pengabdian tersebut, UGM sebanyak 5.360 mahasiswa yang berasal dari 19 Fakultas dan Sekolah Vokasi untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 32 provinsi, 107 ...

Ekonomi

Aplikasi 'Nglarisi' Diluncurkan, Kini Pesan Snack Tinggal Klik

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kabar manis datang untuk para penyedia jasa kuliner di Kota Yogyakarta. Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta secara resmi telah meluncurkan aplikasi Nglarisi di Balaikota Yogyakarta, Kamis (27/6/2019). Dengan dilun ...

Daerah

Walikota : Jukir 'Nuthuk' Ditindak

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan liar (Satgas SABER PUNGLI) OPP DIY menggelar Sosialisasi dan Supervisi Saber Pungli UPP DIY di Kota Yogyakarta, dengan mengambil topik “Penanganan Permasalahan Parkir Dan Retri ...

Ekonomi

Kini Harga Ayam Potong di Pasar Berangsur Turun

YOGYA, BERNAS.ID--Harga ayam di pasar Jogja berangsur turun, setelah dilakukannya aksi pembagian ribuan ayam gratis oleh para peternak di DIY, sebagai wujud protes rendahnya harga ayam ditingkat peternak, meski di pasar tinggi, Rabu (26/6/2 ...

DIY

Sudah Curi Motornya, Masih Minta Tebusan ke Korban

SLEMAN, BERNAS.ID- Unit Reskrim Polsek Depok Timur Sleman Yogyakarta berhasil mengungkap tindak pidana kasus pencurian sepeda motor di Jalan Wahid Hasyim Widoro Baru, Condongcatur Sleman pada hari Jumat, 31 Mei 2019 sekira pukul setengah em ...

DIY

Berdalih Membeli HP Malah Dibawa Kabur

SLEMAN, BERNAS.ID- Unit Reskrim Polsek Depok Timur Sleman Yogyakarta berhasil mengungkap tindak pidana kasus penipuan atau penggelapan berkedok jual beli online pada hari Jumat,  21 Juni 2019 pada sebuah rumah sewaan di Perumahan Taman ...

DIY

Terhempas 125 Meter, Tapir Air Terbakar di Adisutjipto

SLEMAN, BERNAS.ID- Sirene sejumlah mobil pemadam kebakaran dan ambulans meraung-raung ketika pesawat Tapir AIR terbakar di Aircraft Accident Exercise yang berlokasi di area airside sektor D-15, Bandara Internasional Adisutjipto, Rabu malam ...