Berita Nasional Terpercaya

Gelapkan 20 Mobil, Pria Pandowoharjo Sleman Ini Ditangkap

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Unit Reskrim Polres Sleman berhasil menangkap pelaku tindak pidana penggelapan 20 unit mobil rental berinisial YW (32) warga Pandowoharjo Sleman. YW menggelapkan puluhan mobil rental dalam kurun waktu 4 bulan terakhir.

YW ditangkap setelah salah seorang pemilik rental merasa curiga karena YW tidak membayarkan uang sewa mobil dan tidak ada komunikasi sehingga pemilik mobil rental melaporkan kejadian ini kepada polisi.

KBO Satreskrim Polres Sleman, Iptu Bowo Susilo mengatakan tersangka YW mulai melancarkan aksinya sejak Maret lalu dengan berdalih menyewa mobil di dua tempat rental mobil wilayah Yogyakarta, salah satunya di Dusun Sono Sinduadi Mlati Sleman.

?YW dengan mudah bisa menyewa mobil karena pelanggan mobil rental tersebut sehingga ketika ia akan menyewa kembali, pemilik rental tidak meminta jaminan seperti KTP dan lainnya,? jelas Iptu Bowo saat ungkap kasus di Polres Sleman, Selasa pagi 16 Juli 2019.

Rupanya, setelah menyewa mobil rental tersebut, YW menggadaikan mobil rental tersebut sebesar Rp20-Rp25 juta per unit. YW menggadaikan mobil rental secara langsung dan ada sebagian yang melalui perantara berinisial H. Aparat saat ini tengah mengejar perantara gadai berinisial H ini untuk mendapatkan 14 mobil sisa yang digadai. ?Setelah dilakukan penyelidikan, petugas mendapatkan informasi keberadaan YW sehingga hari Rabu (3/7), YW berhasil ditangkap di wilayah Merak, Banten,? jelasnya.

Saat ini, kepolisian telah berhasil mendapatkan enam dari 20 unit mobil yang digadaikan oleh YW. Dari pengakuan YW, ia melakukan tindakan penggelapan tersebut karena terlilit utang piutang senilai Rp120 juta. Ia pun berdalih membayar hutangnya dengan uang hasil menggadai mobil rental.

“Uang hasil gadai dipakai untuk membayar hutang saya sebesar Rp 120 juta. Juga buat bayar bunga gadai dan sewa rental,? jelas YW

Atas perbuatannya, YW akan dijerat dengan pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.