Berita Nasional Terpercaya

Sosialijah, Kupas Sisi Lain Ibu Rumah Tangga

0

JAKARTA,BERNAS.ID – Menjadi wanita karier selama 12 tahun dan memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal mudah. Selama menjadi IRT, Co-Founder Indonesia Dive Safaris (DIS), Citra Yuliasari mengaku sempat 'Jetlag' hanya berfokus urusan rumah tangga dan anak. 

Banyak cerita suka dan duka mengurus segalanya termasuk 'tetek bengek' urusan sekolah anak, arisan, pertemanan sesama ibu-ibu rumah tangga hingga mengurus suami. Kisah-kisah sehari-hari menjadi ibu rumah tangga akhirnya Citra tuangkan menjadi sebuah buku pertamanya berjudul 'Sosialijah' di Cafe Penang Bistro, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2019).

Buku setebal 96 halaman ini bercerita mengenai kumpulan cerita ibu-ibu sosialita, emak-emak sehari-hari, dari mulai cerita anak, rumah tangga, sosial, hingga balada asisten rumah tangga yang tak kunjung kelar.

Sosialijah adalah sebutan untuk ibu-ibu kelas menengah, yang masih suka sosialisasi tapi tugas utamanya masih Ijah alias bebenah rumah. Sosialijah sendiri diambil dari plesetan kata sosial (ita) dan Ijah (nama populer asisten rumah tangga).

“Jadi bisa dibilang dalam buku ini itu menceritakan sosialita menengah, dibilang sosialita juga ngak, dibilang ijah juga ngak. Tapi emang walaupun suka bergaul, tapi yang terpenting kegiatan rumah itu harus beres dulu,” kata Citra Yuliasari.

Cerita yang diambil dalam kegiatan sehari-hari, menurut Citra merupakan adaptasi sebuah kehidupan para emak-emak bagaimana cara mendidik anak.

Contohnya seperti mengembangkan karakater anak sesuai bidangnya dan tidak memaksakan sesuai kehendak orangtua.

Jadi salah satu yang kita ambil ini bagaimana mendidik anak. Setiap anak itu punya kemampuanya dan kecerdasan masing-masing dan harus kita apresiasi. Karena banyak orangtua tidak paham mengenai hal itu, dan ini yang saya bagikan melalui buku ini,” katanya.

Selain itu buku ini juga bercerita mengenai lika-liku kehidupan rumah tangga, terlebih bagi mereka yang gemar bersosialita.

Dampak lingkungan kerap kali mempengaruhi keadaan dan hal itu perlu adanya kunci kesetiaan yang dikupas dalam buku ini.

Intinya dari buku ini bercerita mengenai sosilijah itu. Jadi banyak yang tidak tahu bagaimana kehidupan sosialijah ini, kalau sosilita pasti banyak ya, mengenai kehidupan glamornya kalau ini kelas menengahnya yang ingin disampaikan,” ujarnya.

Selain itu menurut Citra, melalui buku ini dirinya ingin mengajak kepada ibu-ibu rumah tangga agar dapat lebih aktif lagi, dan mengembangkan kemampuanya, meskipun menjadi ibu rumah tangga.

“Pokoknya disini kami ingin menyampaikan ibu rumah tangga itu harus jadi contoh anak-anak. Jadi harus bisa produktif meskipun sebagai ibu rumah tangga, bisa jualan online, guru les, dari pada di rumah, jadi kami ingin mengajak ibu rumah tangga itu agar lebih aktif lagi,” kata Citra.

Dalam peluncuran perdana buku ini, dirinya mengaku sudah mencetak sebanyak 500 buku yang bisa didapatkan melalui media sosial.

Dirinya berharap tahun depan bisa menembus toko buku dan memproduksi lebih banyak lagi.

“Target penjualan 500 buku itu. Karena kita juga sudah pre-order kemarin banyak peminatnya sudah ada lebih dari 100 pembeli yang memesan itu baru dalam satu hari. Harga buku Rp. 68.000,” ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.