Berita Nasional Terpercaya

WNA Korea, Amerika dan Inggris Berminat Jadi Rektor di Indonesia

0

JAKARTA, BERNAS.ID –  Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir menegaskan warga asing yang menjadi rektor di Indonesia harus menjamin peningkatan kualitas perguruan tinggi yang dipimpinnya. Diungkapkannya, saat ini sudah ada peminat dari Korea yang menawarkan diri. Sedangkan peminat dari Amerika Serikat dan Inggris menanyakan prosedurnya.

?Harus memberi garansi dong. You ingin jadi rektor berani tidak kontrak dengan saya sekian tahun. 4 tahun meningkatkan jadi peringkat 200 besar,? kata Nasir usai menghadiri acara pengambilan sumpak dokter baru ke-227 di Undip Semarang, Kamis (1/8/2019).

Ditegaskannya, jika ada kampus di Indonesia yang dipimpin rektor asing maka tidak aka ada pengaruhnya ke budaya atau kebangsaan. Ia menjamin nasionalisme tetap terjaga.

?Mengubah budaya di akademik, tidak berarti mengubah budaya dan kebangsaan kita. Nasionalisme tetap terjaga,? tegasnya.

Dia ingin mendatangkan rektor asing demi meningkatkan perguruan tinggi Indonesia di peringkat dunia. Nasir melihat pengalaman sejumlah Negara yang menerapkan hal itu dan berharap bisa diterapkan di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.