Berita Nasional Terpercaya

Waspadai Penyakit Yang Akibatkan Agung Hercules Meninggal Dunia

0

JAKARTA,BERNAS.ID – Kanker masih jadi momok penyakit menakutkan bagi sebagian orang. Seperti kasus penyakit kanker yang dialami oleh Agung Hercules yang meninggal dunia akibat kanker otak, Kamis (1/8/2019).

Kanker otak stadium 4 yang dialami pria kekar ini dalam istilah medis biasa disebut dengan nama glioblastoma. Penyakit ini adalah jenis kanker agresif yang dapat terjadi di otak atau sumsum tulang belakang.

Dikutip dari Mayo Clinic, Jumat (2/8/2019), glioblastoma biasa menyerang orang yang sudah berusia tua dengan gejala yang timbul ialah sakit kepala, mual, muntah-muntah, bahkan kejang yang membuat tubuh semakin buruk kondisinya.

Ketika Anda merasa ada gejala di atas dan terjadi secara tiba-tiba, untuk mendapatkan diagnosa yang pasti, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan.

1. Pemeriksaan neurologis

Selama pemeriksaan neurologis, dokter akan bertanya tentang tanda dan gejala Anda. Ia dapat memeriksa penglihatan, pendengaran, keseimbangan, koordinasi, kekuatan, dan refleks Anda. Masalah pada satu atau lebih area ini dapat memberikan petunjuk tentang bagian otak Anda yang dapat dipengaruhi oleh tumor otak.

2. Tes pencitraan

Tes pencitraan dapat membantu dokter menentukan lokasi dan ukuran tumor otak Anda. MRI sering digunakan untuk mendiagnosis tumor otak, dan dapat digunakan bersama dengan pencitraan MRI khusus, seperti MRI fungsional dan spektroskopi resonansi magnetik.

Tes pencitraan lain mungkin termasuk CT dan positron emission tomography (PET).

3. Menghapus sampel jaringan untuk pengujian (biopsi)

Biopsi dapat dilakukan dengan jarum sebelum operasi atau selama operasi untuk mengangkat glioblastoma Anda, tergantung pada situasi khusus Anda dan lokasi tumor Anda. Sampel jaringan yang mencurigakan dianalisis di laboratorium untuk menentukan jenis sel dan tingkat agresivitasnya.

Tes khusus sel tumor dapat memberi tahu dokter Anda jenis-jenis mutasi yang diperoleh sel. Ini memberi petunjuk kepada dokter Anda tentang prognosis Anda dan dapat memandu pilihan perawatan Anda. (ren)

SUMBER: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/glioblastoma/cdc-20350148

Leave A Reply

Your email address will not be published.