Berita Nasional Terpercaya

Telkom University dan Palo Alto Networks Jalin Kerjasama Research Bidang Cyber-Security

0

BANDUNG, BERNAS.ID – Telkom University (Tel-U) dan Palo Alto Networks (PAN) mengumumkan kolaborasi pendidikan dan penelitian yang akan memperkuat program universitas di bidang Cyber-Security dan Engineering. Sejak tahun 2016 bidang cyber-security memiliki rata-rata nol persen lulusan yang tidak bekerja dan merupakan salah satu lapangan pekerjaan yang paling dicari dan berkembang di dunia. Menurut para ahli industri kebutuhan akan profesional cyber-security akan meningkat secara global sekitar 7 juta di tahun 2020.

Pada pekan yang lalu, 18 dosen di bidang keamanan dan staf dari 3 universitas di Bandung telah mendapatkan pelatihan spesialis cyber-security dari perusahaan Amerika Palo Alto Networks. Para dosen telah mendapatkan kursus selama lima hari “Cyber-Security Infrastructure Configuration” dan “Train the Trainer” untuk dapat membantu menstandarisasi pelatihan, memungkinkan staf untuk membangun laboratorium firewall dan memberikan pendidikan jaringan dan cyber-security dengan tingkat konsistensi yang tinggi. PAN juga memberikan dukungan dalam bentuk in-kind kepada Tel-U senilai USD 39.000 dalam bentuk laboratorium virtual machine firewall dan USD 36.000 sebagai corporate social responsibility.

PAN yang merupakan pemimpin pasar cyber-security global yang berbasis pada Gartner Magic Quadrant, telah memberikan pendidikan tersebut secara komprehensif pada juli 2019 dengan Tel-U sebagai Authorized Academy Center PAN resmi pertama di Indonesia. Kolaborasi ini memungkinkan Tel-U untuk meningkatkan serta menawarkan online dan kelas cyber-security, termasuk jalur baru dalam gelar magister teknik pada tahun 2020.

Diungkapkan Dekan Fakultas Teknik Elektro Telkom University Bandung, Dr. Bambang Setia Nugroho, sangatlah penting bahwa siswa di semua tingkatan memiliki pelatihan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja abad ke-21 yang didorong oleh perubahan teknologi yang cepat.

 
Lanjutnya, melalui kolaborasi ini, Tel-U akan memiliki posisi yang baik dengan menawarkan gelar dengan level world-class dan sertifikasi profesional untuk tingkat sarjana atau tingkat magister dan Tel-U akan memberikan dampak nyata yang cepat pada pengisian lowongan tenaga kerja di bidang cyber-security, menyediakan tenaga kerja yang berbakat untuk kebutuhan di perusahaan teknologi telekomunikasi, bank, pembangkit listrik, di pemerintahan dan swasta.

?Kolaborasi ini seluruhnya untuk kepentingan mahasiswa. Berkat PAN kami dapat memperluas peluang mahasiswa di salah satu bidang yang paling relevan di era ini. Tel-U sangat senang terlibat, dan melihat visinya sejalan dengan Standar Kompetensi Inti Nasional dan Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia, yaitu fokus dalam bidang cyber-security,” ujarnya Senin (5/8/2019) di Telkom University Bandung.

Sementara itu Kepala Trainer Palo Alto Networks Saravanan Rajagopal, mengatakan pihaknya menyadari dan menghargai kebutuhan untuk mengembangkan lebih banyak pakar cyber-security di seluruh dunia dan mendukung pendekatan dan program yang dilakukan Tel-U.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan universitas ini untuk mendorong kesadaran, pendidikan, dan keahlian di bidang cyber-security, dan pada akhirnya mencapai misi bersama kami untuk melindungi cara hidup bersama-sama di era digital,” katanya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.