Berita Nasional Terpercaya

Pemilihan Pimpinan MPR Berdasarkan Sistem Paket, PPP Ngarep Jadi Ketua

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengatakan pemilihan kursi pimpinan MPR RI melalui sistem paket. Dengan begitu pemilihan pimpinan MPR ini tidak didasari dari perolehan suara partai.

“Undang-Undang MD3 kita itu mengatur soal pemilihan pimpinan MPR secara paket. Artinya, kalau paket, bisa saja dari yang kursi terkecil seperti PPP jadi Ketua MPR. Ya dong bisa, kalau itu disepakati,” kata Arsul di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon berharap partainya yang menduduki jabatan Ketua MPR periode 2019-2024. Alasannya, Gerindra menduduki suara partai terbanyak kedua setelah PDIP di Pemilu 2019.

“Kita berharap kalau bisa disepakati Gerindra sebagai partai yang kedua terbesar suara dalam perolehan popular, saya kira kursi MPR yang kita ingin harapkan. Secara kepartaian Gerindra yang kedua,” kata Fadli di Gedung DPR.

Fadli mengaku pihaknya akan melakukan lobi-lobi kepada beberapa partai untuk diajak bicara terkait kursi pimpinan MPR ini. Katanya, waktu penentuan masih lama sehingga diperlukan komunikasi politik.

“Saya kira masih banyak waktu, masih sekitar dua bulan, saya kira ruang untuk melakukan komunikasi politik dan silahturahmi politik masih besar, pasti akan berbicara dan duduk bersama. Semua lah kita jajaki,” ujar Fadli. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.