Berita Nasional Terpercaya

Ketua Umum PSI: Ruwet, Parpol Minta Jatah Kursi Menteri

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Meski tidak lolos ke parlemen, partai-partai pendukung Jokowi-Ma?ruf Amin, PSI, Perindo, Hanura, PKPI dan PBB, tetap berharap mendapat ?jatah? kursi menteri di kabinet mendatang.

Perindo, misalnya, mengaku pasif alias tidak mengajukan nama bakal calon menteri ke Jokowi.

?Prinsipnya kami pasif, karena nggak lolos parliamentary threshold,? kata Sekjen Perindo Ahmad Rofiq.

Meski begitu, PSI siap menyodorkan kader-kadernya bila diminta oleh Jokowi.

Begitu pula dengan PSI yang menyerahkan urusan kabinet sepenuhnya Jokowi. Ketua Umum PSI Grace Natalie menyebut dari awal partainya tidak berpikir mendapatkan imbalan apa pun ketika memutuskan mendukung Jokowi-Ma?ruf Amin. Karena itu dia mengaku heran dengan tingkah partai-partai lain yang sepertinya berlomba-lomba supaya dilirik Jokowi.

?Melihatnya ruwet,? ujar Grace.

Berbeda dengan Hanura yang tetap megajukan nama ke Jokowi. Tidak tanggung-tanggung, Ketua Umum Hanura Oesman Satpa Odang (ODO) mengaku menyodorkan 40 nama untuk diseleksi menjadi menteri.

?Tapi keputusannya nanti diserahkan kepada Pak Jokowi,? kata OSO.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan memang peluang-peluang partai yang disebut di atas kecil mendapatkan jatah kursi menteri. Meski begitu, katanya, Jokowi tetap akan membalas jasa mereka dengan cara lain. Menurutnya, kalaupun tidak mendapatkan kursi di kabinet, Jokowi akan memberikan hal lain di luar itu.

?Pasti ada politik balas jasa bagi yang membantu memenangkan di Pilpres kemarin. Seperti periode sebelumnya, banyak tokoh-tokoh organisasi atau aktivis yang membantu Jokowi diberikan jabatan-jabatan di BUMN,? kata Rully. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.