Berita Nasional Terpercaya

Nono Sampono Usulkan Rekam Jejak Jadi Syarat Calon Pimpinan DPD

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Nono Sampono bicara soal calon pimpinan DPD RI periode 209-2024. Nono berharap calon pimpinan DPD ke depan tidak memiliki rekam jejak pelanggaran kode etik.

Karena itu, senator asal Maluku ini mengusulkan agar rekam jejak menjadi salah satu syarat yang diberikan Badan Kehormatan (BK) DPD RI. Sebab, menurut Nono, pimpinan DPD harus memiliki integritas kapabilitas dispilin, dan track record baik.

?Lima tahun yang lalu belum ada soal kode etik, sekarang sudah ada dan hal-hal yang berkaitan dengan pelanggaran kode etik dari yang ringan hingga berat, dan itu semestinya ada dalam syarat pencalonan pimpinan DPD,? kata Nono di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Kendati demikian, Nono menyerahkan persoalan persyaratan calon pimpinan DPD kepada BK DPD dan rapat paripurna nantinya. Mengingat hal itu merupakan kewenangan BK DPD dan diputuskan dalam paripurna.

?Tapi saya serahkan sepenuhnya kepada BK karena itu otoritasnya BK. Apakah diperlukan atau tidak, kita lihat saja nanti,? ujarnya.

Nono mengatakan saat ini sosok-sosok calon pimpinan DPD yang merepresentasikan wilayahnya juga sudah mulai bermunculan. ?Menurut saya, semakin banyak yang bermunculan, maka semakin bagus. Persaingan akan memunculkan yang terbaik,? pungkas Nono. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.