Berita Nasional Terpercaya

Sosok Dosen BS yang Tewas Gantung Diri, Dikenal Jenius

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Tak banyak orang tahu, sosok Budi Setiyanto (BS) dosen Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, UGM dikenal sebagai dosen genius di mata teman dan mahasiswanya. Ia dikenal sebagai dosen yang menguasai ilmu yang mumpuni dan ahli di bidang telekomunikasi, bahkan telah menulis beberapa buku terkait ilmunya.

“Di kalangan mahasiswa ia dikenal sebagai ahli ilmu dasar, seperti kalkulus, medan listrik magnet dan pengolahan isyarat,”tutur teman satu angkatan almarhum, Ir Lukito Edi Nugroho, MSc, PhD, Jumat 16 Agustus 2019.

Baca juga: Inilah 10 Sekolah Penerbangan Terbaik yang Ada di Indonesia

Menurut Lukito, sosok BS bisa menjelaskan  ilmu-ilmu yang dikuasainya dengan mudah. Bahkan, Lukito sempat mengenang ketika zaman kuliah dulu almarhum pernah mengajarinya tentang materi teori fungsi variabel kompleks dan mata kuliah yang sulit lainnya. “Cara menjelaskannya membuat sesuatu yang rumit terlihat lebih sederhana,”urainya.

Sementara itu, teman almarhum lainnya, Eka Firmansyah, ST, MEng, PhD, IPM, yang juga menjabat Kepala Unit Pengembangan SDM Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi mengakui almarhum sempat mengalami gangguan syaraf dan keseimbangan hormonal. “Inilah yang mengakibatkan kondisi emosinya menjadi tidak stabil. Beliau dalam pengobatan dokter dan tengah cuti untuk berobat selama 3 bulan,”papar Eka.

Meninggalnya almarhum Budi Setiyanto juga membuat kehilangan seluruh sivitas akademika khususnya di Fakultas Teknik. Dekan Fakultas Teknik, Prof. Nizam, juga melihat sosok almarhum adalah sosok yang cerdas, sederhana dan bersahaja.

“Banyak karya akademisnya di jurnal dalam negeri maupun internasional. Tahun lalu beliau selesai S3 dengan hasil cum laude. Kami semua kehilangan rekan kerja yang sangat baik,”kata Nizam.

Sebelumnya, diduga depresi penyakit yang dideritanya tidak sembuh-sembuh, BS (55) warga Kampung Nyutran, Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta nekad gantung diri di teras rumahnya. BS diketahui berprofesi sebagai Dosen Fakultas Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada.

BS ditemukan tewas menggantung diri di teras rumahnya pukul 11 siang. Dari informasi yang didapat, BS sempat mengalami gangguan jiwa. Bulan Maret hingga April 2019, BS pernah diobserfasi di Rumah Sakit Jiwa Purinirmala Yogyakarta. (jat)

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Leave A Reply

Your email address will not be published.