Berita Nasional Terpercaya

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo bersyukur karena Inonesia tetap kokoh 74 tahun sejak kemerdekaan. Kekokohan Indonesia tidak lepas dari peran Pancasila.

?Besok (17/8), kita merayakan 74 tahun Indonesia Merdeka. Kita patut bersyukur, di tengah berbagai tantangan dan terpaan badai sejarah, Indonesia sebagai rumah esar kita bersama tetap berdiri kokoh. Indonesia berdiri kokoh karena kita memiliki pondasi yang sangat kuat, Pancasila,? kata Jokowi saat pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

?Pancasila adalah dasar negara, bintang penjuru, sekaligus pemersatu kita semua,? sambungnya.

Lanjut Jokowi, bangsa Indonesia bisa hidup rukun tanpa dibeda-bedakan latar belakang agama, suku, ras, maupun golongan di rumah Pancasila.

Dia menekankan bahwa rumah besar Indonesia tempat yang nyaman untuk seluruh anak bangsa, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

?Dalam rumah besar ini, semua anak bangsa bisa berkarya, bisa bergerak, dan bisa berjuang untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita kita bersama,? ujarnya.

Jokowi menegaskan bahwa perbedaan bukanlah penghalang bangsa Indonesia untuk bersatu. Dengan persatuan, rakyat Indonesia bisa sama-sama maju.

?Dalam persatuan itulah, kita menemukan energi yang maha dahsyat, untuk menggerakkan seluruh tenaga, pikiran, dan tetesan keringat untuk kemajuan Indonesia. Dalam persatuan itulah, kita menemukan solidaritas, kepedulian, dan semangat berbagi antar sesama anak bangsa,? pungkas Jokowi. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.