Berita Nasional Terpercaya

Bekasi Bangun Sekolah Khusus Penyandang Disabilitas Pertama

0

BEKASI, BERNAS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi membangun sekolah khusus penyandang disabilitas. Sekolah ini diklaim sebagai sekolah khusus penyandang disabilitas pertama di Bekasi.

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Pemkot Bekasi Jumhana Kutfi mengatakan sekolah ini dibangun sebagai bentuk perhatian dari pemerintah setempat terhadap penyandang disabilitas.

Sekolah disabilitas ini lokasinya berada di belakang Mapolres Metro Bekasi Kota, Jalan Veteran Dalam, Marga Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Sekolah ini memanfaatkan bangunan Sekolah Dasar (SD) yang sudah tidak terpakai.

?Tadinya gedung sekolah Margajaya. Sekolah ini peminatnya kurang, jadi di-merger berdasarkan kebijakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi. Sekarang, gedung sekolah ini dipakai untuk penyandang disabilitas belajar,? jelas Jumhana, Jumat (16/8/2019).

Jumhana menyebut sekolah khusus penyandang disabilitas itu terdiri dari 2 lantai dan memiliki 9 ruang kelas. Sesuai dengan namanya, sekolah tidak akan membangun tangga, melainkan tanjakan, agar mempermudah akses penyandang disabilitas menuju lantai 2.

?Untuk SD 6  ada Ruangan Kelas Baru (RKB), SMP letaknya di atas, lantai 2 ada 3 RKB,? jelasnya.

Sekolah itu juga terdapat ruangan aula. Pemkot Bekasi akan melengkapinya dengan sejumlah fasilitas penunjang difable, di antaranya kursi roda.

Jumhana mengatakan sekolah khusus penyandang disabilitas ini tidak seperti Sekolah Luar Biasa (SLB). Ia menyebut sekolah ini khusus untuk anak yang mengalami cacat fisik.

?Kalau disabilitas kan orang normal tapi misalkan, tidak punya kaki, tidak punya tangan,? tuturnya.

Pembangunan sekolah ini menggunakan biaya dari APBD 2019 sekitar Rp4,8 miliar. Sekolah yang masih sedang dalam tahap pembangunan ini direncanakan selesai pada akhir tahun 2019. Kegiatan belajar mengajar diprediksi akan dimulai pada tahun 2020.

Sekolah ini belum mempunyai nama resmi. Jumhana mengklaim sekolah itu menjadi sekolah penyandang disabilitas pertama di Bekasi.

?Mungkin juga pertama di Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) ,? imbuhnya. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.