Berita Nasional Terpercaya

Mafindo Sosialisasikan Stop Hoax di Car Free Day

0

YOGYA, BERNAS.ID – Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) melakukan upaya kampanye publik terkait Hoaks kepada masyarakat di ajang Car Free Day Sudirman Jogja, Minggu (18/8/2019). Dalam kesempatan ini, masyarakat diminta untuk mengunduh aplikasi Hoax Buster Tools di smartphone, untuk mendeteksi dan melaporkan hoaks.

Septiaji Eko Nugroho selaku Ketua Presidium Mafindo menjelaskan, acara ini diadakan serentak di lima kota, yakni Bekasi, Bandung, Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Tujuannya adalah merangkul masyarakat untuk menangkal berita hoaks.

“Masih banyak masyarakat yang belum bisa membedakan hoaks atau bukan,” ungkapnya.

Tak hanya hoaks terkait politik, ia mencontohkan banyaknya hoaks yang terkait kesehatan. Misal tentang penanganan penyakit stroke.

“Katanya kalau terkena cukup ditusuk jarinya sampai keluar darah. Ini dipercaya banyak orang, sampai ada yang meninggal,” ujarnya.

Hoaks lain terkait kesehatan yang banyak beredar menurutnya adalah hoaks anti vaksin. Ini telah menyebabkan terjadinya epidemi rubella, cacar, dan disentri.

“Masyarakat termakan hoaks anti vaksin. Mereka pun menjadi sarana penularan ke tetangganya,” keluhnya.

Dalam acara kali ini diluncurkan web series Keluarga Antihoaks di akun YouTube Mafindo. Web series ini menampilkan kegigihan dan aksi keluarga melawan hoaks.

“Video web series ini dibuka untuk publik, agar menjadi media pembelajaran cek fakta baik untuk keluarga, tetangga, bahkan ibu-ibu pengajian di lingkungan mereka,” pungkas Septiaji. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.