Berita Nasional Terpercaya

Sepatu untuk Penderita Kelumpuhan Ini Bisa Dikendalikan dengan Smartphone

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan inovasi sepatu bernama Aveo 3 untuk mencegah kekakuan (anti kontraktur) engkel kaki pada penderita kelumpuhan. Sepatu Aveo 3 dirancang untuk mencegah kekakuan khususnya di bagian pergelangan kaki bagi penderita kelumpuhan.

Aveo 3 dikembangkan oleh Bryan Nuril Inzaghi, Andri Khoirul Huda, dan Muhammad Fahmi Husaen merupakan produk generasi ke-3. Di bawah bimbingan Budi Sumanto, SSi, MEng, melalui Program Kerativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC), ketiga mahasiswa Sekolah Vokasi UGM ini mengembangkan Aveo ini.

Aveo generasi pertama mulanya dikembangkan pada tahun 2018 silam. Inovasi terbaru Aveo 3 saat ini dibuat menggunakan motor stepper dengan torsi 4.8 N.m sebagai penggerak yang dapat menggerakkan ankle, Sedangkan untuk mikrocontroller digunakan basis arduino nano.

?Sepatu Aveo 3 dilengkapi Mechanomyogram atau rangkaian sensor deteksi ketegangan otot,? jelas Fahmi di Kampus UGM, Senin 19 Agustus 2019.

Fahmi menjelaskan sepatu Aveo 3 ini dilengkapi sensor berbasis Electret Microphone untuk pembacaan sinyal otot. Dibuat dengan menggunakan bahan polyethylene dan polylactid acid yang ringan dan kuat sehingga memberikan kenyaman bagi penggunanya.

?Dari pengujian sementara, diketahui motor penggerak dapat dikontrol melalui smartphone sedangkan untuk mechanoymogram dapat mendeteksi ketegangan otot,?ungkapnya.

Fahmi mengungkapkan pengembangan sepatu Aveo ini berawal dari pengalamannya yang menderita Duchenne Muscular Dystrophy (DMD). Penyakit itu menyebabkan penurunan fungsi otot sehingga mengalami kelumpuhan kaki. Karena tidak pernah melakukan fisioterapi, Fahmi mengalami kekakuan dan sulit untuk bergerak atau dikenal dengan kontraktur akibat kekakuan otot. Hal inilah yang menginspirasinya untuk membuat sebuah alat yang bisa membantu mencegah terjadi kontraktur angkle.

Sepatu yang dikembangkan ini dapat memberikan gerakan otomatis layaknya fisioterapi sehingga dapat mencegah kontraktur angkle. ?Harapannya Aveo 3 ini bisa memberikan manfaat dan digunakan untuk terapi, khususnya oleh para penyandang disabilitas,? harap Fahmi.

Sepatu Aveo 3 ini tidak hanya menjadi terobosan dalam membantu terapi penderita kelumpuhan, tapi juga berhasil lolos melaju dalam Pekan Mahasiswa Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang akan beralnsgung pada akhir Agustus mendatang di Universitas Udayana Bali. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.