Berita Nasional Terpercaya

Sajak Cinta Bisa Memahami Situasi Sosial Saat Ini

0

JOGJA, BERNAS.ID – Festival Buku dan Musik MocoSik #3 menghadirkan obrolan bertajuk ?Akulah Puisi, Akulah Cinta?. Dua penyair kenamaan Indonesia, yaitu Agus Noor dan Joko Pinurbo dihadirkan dalam obrolan tersebut, Sabtu (25/8)

Dalam obrolan itu, Joko Pinurbo mengatakan di depan cinta, semua orang bertekuk lutut dan setara sehingga puisi cinta tak perlu dihindari. Menurut Pinurbo, sajak cinta bisa membantu untuk memahami situasi sosial saat ini.

Menurut Pinurbo, sebuah puisi bisa terlahir kembali di tangan membaca, asal pembaca kreatif. Tak mesti berisi pengalaman individual, kalau pembaca kreatif, konteksnya bisa diperluas. ?Puisi Chairil Anwar itu, puisi cinta,? kata Pinurbo.

Namun, ketika ditanya tentang sastra dan peran negara, Pinurbo berkata, “Kita jangan pernah berharap pada negara soal cinta, karena cinta itu antitesis kekuasaan. Buku saja disita, padahal dibaca pun belum. Itu urusan kita,” tegas Jokpin.

Sedangkan, negara, menurut Agus Noor itu fasis karena berisi siapa diatur dan mengatur. “Tapi kalau cinta, siapa yang di atas yang di bawah, itu soal kesepakatan,” seloroh Noor diiringi tawa bergemuruh.

“Nasionalisme tanpa puisi nonsense!” ucapnya.

MocoSik #3 digelar dari tanggal 24-25 Agustus 2019 di JEC Yogyakarta. MocoSik #3 akan menghadirkan sejumlah musisi seperti Ebiet G Ade, Yura Yunita, Langit Sore, dan Sujiwo Tedjo. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.