Berita Nasional Terpercaya

Launching Gernas Baku di Gelar Potensi PAUD Kecamatan Mantrijeron

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Memberikan motivasi kreatifitas bagi para peserta didik agar menjadi SDM yang unggul, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta menggelar Potensi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Minggu (25/8/2019) bertempat di Pendopo Asmorondono Kecamatan Mantrijeron.

Dikatakan Camat Mantrijeron, Subarjilan, kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini melibatkan seluruh SPS PAUD se Kecamatan Mantrijeron. “Namun untuk kali ini berbeda dengan gelar potensi PAUD seperti biasanya, karena kali ini ada hal yang spesial yaitu launching Gernas Baku tingkat kecamatan,” katanya disela acara.

Diterangkan Subarjilan, Gernas Baku merupakan gerakan nasional orangtua membacakan buku. “Yang merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, satuan PAUD, dan di masyarakat,” paparnya.

Hal ini lanjut Subarjilan perlu dilakukan karena berdasarkan hasil survei penilaian pada Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2015 menunjukan bahwa Indonesia berada diurutan ke 64 dari 72 negara.

“Hal itu ditambah lagi dengan hasil survei dari BPS tahun 2015 bahwa 92,47 persen anak usia sekolah lebih suka menonton televisi dan 13,11 persen suka membaca,” katanya.

Oleh karena itu, Gernas Baku menurut Subarjilan sangatlah penting untuk dilakukan karena memiliki tujuan, membiasakan orangtua membacakan buku bersama anak, mempererat hubungan sosial emosi antara anak dan orangtua, serta menumbuhkan minat baca sejak dini.

“Semoga setelah di launchingnya Gernas Baku di tingkat Kecamatan ini betul-betul ditindaklanjuti oleh segenap SPA PAUD, rumah tangga dan masyarakat,” harapnya.

Karena budaya literasi itu sangat mendukung upaya untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dalam Indonesia maju. “Buku adalah cendela ilmu, maka perlu sebuah upaya untuk meningkatkan budaya literasi atau kebiasaan membaca pada masyarakat,” pungkas Subarjilan. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.