Berita Nasional Terpercaya

Resmi Jokowi Pindahkan Ibukota, Pengamat : Perjalanan Masih Panjang

0

JAKARTA,BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan Ibu kota baru Indonesia. Jokowi memilih wilayah di sebagian Kabupaten Penajaman Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

“Sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur,” ujar Presiden Jokowi, Senin (26/8/2019).

Alasan minim bencana alam pemilihan Kalimantan Timur sebagai Ibukota baru.”Lokasinya juga strategis berada di tengah-tengah Indonesia,” terangnya.

Menyingkapi putusan dari Jokowi, Pengamat Politik Hendri Satrio menyatakan, rencana pemindahan itu niat yang baik, jadi mesti didukung.”Niatnya baik, pelaksanan apakah akan lancar atau tidak, menurut saya akan butuh waktu ya,” ujar Hendri pada redaksi, Senin (26/8/2019).

Namun sambung Hendri, niat dari pemerintah perlu adanya dukungan dari DPR RI sebagai bentuk dukungan politik.”Saya rasa perlu persetujuan dari DPR, persiapan harus dilksanakan dengan baik. Pelaksanaan tidak mungkin cepat, butuh dukungan politik. Masih akan panjang perjalanannya,” pungkas Hendri.

Diketahui, Dua wilayah yang dipilih Jokowi berdekatan dengan wiilayah perkotaan yang sudah berkembang, seperti Balikpapan dan beberapa wilayah lain.  Pemindahan ini untuk mengurangi kesenjangan ekonomi Jawa dan luar Jawa, yang meningkat, meskipun tahun 2001 sudah melakukan otonomi daerah.(ren)

Leave A Reply

Your email address will not be published.