Berita Nasional Terpercaya

Lurah Purwokinanti Tampil Memukau di Pentas Seni RKB

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Untuk mempromosikan Kelurahan Purwokinanti sebagai salah satu kelurahan rintisan budaya yang sangat kaya dengan sejarah dan budaya yang ada disana, Kelurahan Purwokinanti, Pakualaman bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggelar Pentas Seni Rintisan Kelurahan Budaya (RKB), Minggu (25/8/2019) di Jalan Purwanggan, Pakualaman, Yogyakarta.

Diungkapkan Lurah Purwokinanti, Ertiana Erna Hendrayani dalam pentas seni dan budaya RKB di wilayahnya menampilkan teater Kinanti, tarian Jathilan, Topeng Ireng, Kasatrian, macapat Panembrama, dan ketoprak Purwo Adi Wicara.

“Dari 45 Kelurahan di Kota Yogyakarta, 21 Kelurahan menjadi Rintisan Kelurahan Budaya termasuk Kelurahan Purwokinanti ini. Kami berharap dengan mengangkat semua potensi budaya yang ada, nantinya bisa menjadi Kelurahan Budaya,” ujarnya disela acara.

Ditambahkan Erna, selain menampilkan potensi budaya di wilayah, pada malam pentas seni RKB juga dilakukan penyerahan piala Gentongisasi dan Mars Purwokinanti yang juga merupakan ciptaan Lurah Purwokinanti. “Dan semoga pentas-pentas seni budaya seperti ini tetap dilaksanakan untuk melestarikan budaya yang ada di Yogyakarta,” tambahnya.

Yang tidak kalah menariknya adalah saat Lurah Purwokinanti beradu peran diatas panggung bersama kelompok Ketoprak Mataram Purwa Adi Wicara hingga memukau para undangan yang hadir dan warga yang menonton pentas seni RKB tersebut. “Saya secara spontan memainkan peran diatas panggung ketoprak, semoga bisa menghibur semuanya,” pungkas Erna. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.