Berita Nasional Terpercaya

Anies Mau Jakarta Ramah Disabilitas Dan Lansia

0

JAKARTA,BERNAS.ID – Bila sebuah kota bisa ramah kepada penyandang disabilitas, ramah kepada anak usia dini, ramah kepada lansia, maka otomatis kota itu akan ramah kepada semuanya.

“Kita di Jakarta masih punya PR yang cukup besar dalam memfasilitasi seluruh warga. Bagaimana kota ini memberikan prioritas kepada yang paling membutuhkan,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, seperti dilansir dari twitter @aniesbaswedan, Rabu (4/9/2019).

Itu yang ingin didorong melalui lokakarya “Pertukaran Informasi yang berkelanjutan tentang Peluang Pendidikan dan Peningkatan Partisipasi Penyandang Disabilitas dalam Masyarakat Sipil di Jakarta dan Berlin” hari ini di Balaikota DKI.

Perumusan kebijakan ramah anak, orang tua dan penyandang disabilitas harus dimulai dari perubahan perspektif yang berorientasi pada kesetaraan kesempatan. Fungsi dari Pemprov DKI Jakarta bukan sekadar menegakkan aturan, tetapi pembuat aturan. Seluruh aturan harus ditinjau kembali agar bisa mengikuti prinsip kesetaraan mulai dari fasilitas infrastruktur keras (jalan, gedung, dan alat transportasi), sampai dengan infrastruktur lunak seperti kesetaraan dan kesempatan belajar maupun berusaha.

“Kami di Pemprov DKI Jakarta sejak tahun 2018 mulai menjalankan Peraturan Gubernur No. 1 tahun 2018 tentang menyetarakan kesempatan. Setiap rekrutmen Pemprov DKI Jakarta, kita berkewajiban untuk memberikan persentase kepada penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan di Pemprov DKI Jakarta,” tambahnya.

Tujuannya loka karya adalah menyetarakan. Dan selama ini menyaksikan teman-teman penyandang disabilitas bekerja dan berkarya di Pemprov DKI dengan amat baik.

 

“Bagi jajaran Pemprov DKI yang ikut lokakarya ini, pesan saya agar membuka pikiran. Ketika dikatakan Jakarta kurang ini-itu, tidak perlu defensif. Kalau kita bisa open-minded dan menerima ide, insyaAllah Jakarta kita menjadi kota yang ramah bagi penyandang disabilitas, ramah bagi anak-anak, ramah bagi lansia, dengan begitu ramah bagi semuanya insyaAllah,” pungkasnya.(ren)

Leave A Reply

Your email address will not be published.