Berita Nasional Terpercaya

15 Tahun Pembunuhan Aktivis HAM Munir

0

JAKARTA,BERNAS.ID – Tepat 15 tahun lalu, Koordinator Kontras Munir, meninggal diracun. Pollycarpus sang eksekutor telah menikmati jeruji besi. 

Namun, para aktivis HAM menyebut aktor utama kasus pembunuhan Munir belum terbongkar.

Ketua Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (Kasum) Usman Hamid, mendesak Presiden Jokowi dan DPR RI segera menuntaskan mengungkap kasus aktivis HAM Munir Said Talib yang dibunuh pada 7 September 2004. Selama ini negara hanya mampu menangkap pelaku lapangan saja.

“Meski 15 tahun tetap berlalu, kami menuntut aktor intelektual atas pembunuhan berkonspirasi ini ke meja hijau,” ungkap Usman, Minggu (8/9/2019).

Direktur Amnesty International Indonesia tersebut mengingatkan, pada September 2016 lalu, Presiden Joko Widodo pernah komitmen menyelesaikan kasus Munir di depan sejumlah pakar hukum di Istana Merdeka, (4/9/2016).

?PR kita adalah pelanggaran HAM masa lalu, termasuk kasus Munir. Ini juga perlu diselesaikan? kata Presiden Jokowi ketika itu,” tambah Usman dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi.

Usman mengaku kalau komitmen Jokowi itu pernyataan tersebut sempat melegakan. Tapi sayangnya pernyataan tersebut tidak pernah diikuti tindakan nyata.(ren)

Leave A Reply

Your email address will not be published.