Berita Nasional Terpercaya

Lomba Bank Sampah Digelar untuk Memotivasi Warga

0

YOGYA, BERNAS.ID–  Dinas lingkungan hidup kota Jogja mengadakan lomba bank sampah tingkat kota dari Senin-Jumat (9-13/9).  Kegiatan yang melibatkan 14 bank sampah di Kota Jogja ini bertujuan memotivasi warga supaya lebih berkomitmen dalam pengelolaan sampah.

?Bank sampah ini merupakan titik tempat untuk mengumpulkan sampah yang nanti titik akhirnya ke pabrik,? ujar Kepala Seksi Pengurangan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja Faizah, Senin (9/9/2019). 

Pihaknya mengajak warga Kota Jogja untuk bertanggung jawab dalam mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang benar dan berwawasan lingkungan.

Menurutnya, lomba bank sampah tingkat Kota Jogja menjadi wadah untuk evaluasi dan pengawasan terhadap kegiatan warga terkait pengelolaan sampah. Ia berpendapay warga Jogja sudah banyak yang sadar tentang pentingnya pengelolaan sampah, sehingga harus selalu diawasi serta dimotivasi.

Kota Jogja saat ini telah memiliki 475 bank sampah disetiap RW.  Dari total bank sampah tersebut, hanya ada 14 bank sampah lolos seleksi yang diikutkan dalam perlombaan ini.  Salah satunya adalah Bank Sampah Barokah 14 dari RW 14 Kelurahan Purbayan.

Pengelola Bank Sampah Barokah 14 , Arum, mengatakan bahwa bank sampahnya yang telah didirikan sejak Februari 2018 bertujuan untuk memanfaatkan kebun yang tidak terpakai. Bank Sampah Barokah 14 menggunakannya sebagai tempat pengumpulan sampah agar bernilai ekonomis.

 ?Warga yang dirumah punya sampah, kami minimalisir untuk tidak dibakar,? katanya.

Bank sampah yang memiliki 40 nasabah tersebut telah melakukan pengolahan sampah dari plastik kresek, plastik kemasan makanan, serta botol air mineral yang dijadikan aksesoris seperti bros jilbab, bandana, serta sapu yang menjadi produk unggulan dari bank sampah Barokah 14. Bank sampah ini juga melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik yang lalu dijual kepada pengepul dari Wirosaban. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.