Berita Nasional Terpercaya

Lorong Sayur Wirogunan Ikuti Lomba Kampung Sayur Tingkat Kota Yogyakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Lorong sayur di wilayah RW 08 Wirogunan, Mergangsan mewakili Kecamatan Mergangsan dalam lomba Kampung Sayur 2019 tingkat Kota Yogyakarta.

Perwakilan Tim Lomba Kampung Sayur 2019 tingkat Kota Yogyakarta, Iswanjana mengatakan lomba ini diikuti oleh 14 peserta, masing-masing mewakili kecamatannya. “Jadi masing-masing kecamatan diwakili oleh satu wilayah,” katanya, Rabu (11/9/2019) disela penilaian di Lorong Sayur RW 08 Wirogunan.

Ditambahkan Iswanjana, dengan adanya kampung sayur nantinya masyarakat sekitar dapat memanfaatkannya. “Jadi kalau mau berbelanja sayuran bisa langsung dengan tetangganya, atau mungkin kalau dirumahnya sudah ada tanaman sayurnya, kan malah bisa langsung dimanfaatkan,” tambahnya.

Kriteria penilaian lanjut Iswanjana dilihat dari beberapa faktor, seperti kondisi kampung, kondisi tanaman, jenis tanaman, cara penanaman, kemudian pembuatan media tanam, hingga produksi dan pemasarannya.

Sementara itu Camat Mergangsan, Rini Rahmawati menyebutkan di wilayah RW 08 Wirogunan ini terdapat beberapa tempat yang menanam tanaman sayur mayur.

“Tidak hanya di lorong sayur, tapi bisa dilihat sendiri disini (RW 08 Wirogunan) juga ada lahan khusus untuk ditanami sayuran,” terangnya.

Dia juga berharap warga masyarakat dapat meningkatkan ketahanan pangannya melalui kampung sayurnya ini. “Nantinya akan ada pembinaan bagi warga masyarakat yang memiliki tanaman sayuran,” katanya.

Diakui Rini, warga RW 08 Wirogunan menyambut sangat baik terkait program lorong sayur. “Banyak tempat penanaman sayur disini awalnya hanya lahan kosong yang kotor, sekejap disulap oleh warga menjadi lorong sayur yang sangat bermanfaat,” pungkasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.