Berita Nasional Terpercaya

Meriahnya Hari Kunjung Perpustakaan di Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Ratusan siswa-siswi tingkat TK PKK Tridadi Sleman dan SD Nyaen 2 Sleman begitu antusias mengunjungi Perpustakaan Kabupaten Sleman di Hari Kunjung Perpustakaan 2019, Kamis pagi (12/9). Oleh Pustakawan Perpustakaan Sleman, Choirul Asisi, anak-anak diajari bagaimana mencari buku di perpustakaan secara efektif.

“Di perpustakaan, ada penomoran buku untuk kategori buku, misal untuk kategori buku keterampilan, agama, sejarah, atau kedokteran,” jelasnya.

Seusai melakukan kunjungan ke perpustakaan, anak-anak diarahkan untuk mengikuti kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan 2019, yaitu untuk anak-anak TK, diisi dengan kegiatan mendongeng (story telling) dengan diselingi doorprise. Sedangkan, untuk tingkat SD, diisi dengan kegiatan lomba resensi buku untuk anak SD.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Perpustakaan Sleman, Herawati menceritakan Hari Kunjung Perpustakaan diinisiasi oleh Presiden Soeharto pada tanggal 14 September 1995. “Hari kunjung ke perpustakaan ini bertujuan untuk menggerakkan masyarakat agar berkunjung ke perpustakaan guna meningkatkan minat baca dan menghasilkan karya,” jelasnya.

“Seperti kata pepatah, buku adalah jendela dunia, tentu sudah tak asing di telinga. Ya buku merupakan salah satu media baca yang menyediakan banyak sumber informasi bagi pembaca,” imbuhnya.

Sebelumnya, para staf dan karyawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman mendahului untuk mengunjungi (field trip) perpustakaan agar semakin memahami perpustakaan karena sebagai pelopor membaca. Dalam kegiatan ini, juga diberikan kenang-kenangan kepada Drs R Nur Rochmad karena menjadi staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman yang terlama menjadi anggota dan aktif meminjam buku. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.