Berita Nasional Terpercaya

Empat Langkah Mudah Dapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

0

BERNAS.ID – Kuliah ke luar negeri merupakan impian banyak orang. Pasalnya, kuliah di luar negeri menjanjikan banyak hal yang tidak hanya bermanfaat tetapi juga menarik. Dengan kuliah di luar negeri, seseorang akan mendapatkan pengalaman baru, mempelajari budaya yang berbeda, dan belajar bahasa asing.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Namun, kuliah di luar negeri bukan perkara mudah. Salah satu kendalanya adalah biaya yang tidak sedikit. Hal ini bisa diatasi dengan mencari beasiswa. Berikut  adalah empat langkah mudah yang layak Anda coba untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Menentukan Negara Tujuan

Langkah pertama untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri adalah memilih negara tujuan. Dalam memilih negara tujuan, Anda sebaiknya mempertimbangkan faktor bahasa. Pilihlah negara yang Anda sudah belajar bahasanya. Pasalnya, bahasa bisa menjadi kendala dalam studi Anda. Belajar bahasa asing di negara tujuan hingga fasih memang bisa menjadi alternatif. Namun, hal itu tidak mudah dilakukan, jika Anda tidak tahu sama sekali bahasa yang akan Anda pelajari.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Lihat Beasiswa yang Tersedia

Setelah menentukan negara tempat tujuan Anda, selanjutnya lihatlah beasiswa yang tersedia untuk belajar di negara tersebut. Anda bisa memulai langkah ini dengan membuka website resmi kementerian pendidikan setempat, atau website universitas yang ada di negara tersebut. Pasalnya, beberapa negara menyediakan berbagai beasiswa untuk mahasiswa luar negeri melalui Kementerian pendidikannya.

Sementara itu, universitas-universitas tertentu juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asing secara mandiri. Manfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut. Jika ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk bertanya melalui email. Temukan sebanyak mungkin, dan pilih yang paling cocok.

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Cari Informasi di Kampus Anda

Selain mencari informasi melalui internet, Anda juga bisa menanyakan beasiswa ke negara yang Anda tuju di kampus Anda. Pasalnya kampus-kampus tertentu memiliki kerja sama dengan kampus di luar negeri. Jika kampus Anda kebetulan memiliki kerja sama dengan kampus yang Anda pilih, maka pengajuan beasiswa ke sana akan lebih mudah. Jika kampus Anda tidak memiliki kerja sama dengan kampus yang Anda pilih, setidaknya Anda bisa meminta rekomendasi dari kampus Anda untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Lengkapi Persyaratan dan Kumpulkan Tepat Waktu

Jika Anda sudah yakin dengan program beasiswa yang akan Anda ikuti dan universitas yang akan Anda masuki, segera lengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Selain ijazah dan dokumen yang membuktikan kemampuan bahasa asing, Anda biasanya juga diminta untuk membuat rencana penelitian. Rencana penelitian ini akan menggambarkan kegiatan yang akan Anda lakukan di negara tujuan. Anda juga harus mengisi formulir dengan lengkap. Pasalnya formulir atau dokumen yang tidak lengkap akan membuat pengajuan Anda tidak diproses. Setelah yakin telah mengisi formulir dengan benar dan melengkapi semua persyaratan, segera kumpulkan formulir dan persyaratan tersebut ke lembaga tempat Anda mengajukan beasiswa. Pastikan Anda mengumpulkan semuanya tepat waktu.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.