Berita Nasional Terpercaya

Angkat KKN Antarkan Dosen UGM Raih Penghargaan Internasional

0

SLEMAN,BERNAS.ID- Dosen UGM, dr Hanggoro Tri Rinonce, PhD, SpPA(K), berhasil meraih juara dua Best Poster Overall dalam Konferensi The Network Toward Unity for Health 2019 yang diselenggarakan di Darwin Convention Center, Darwin, Australia pada 10-13 September 2019. Selain Hanggoro, dr Widyandana, MHPE, PhD, juga meraih juara tiga Best Poster Overall pada kompetisi tersebut.

Poster yang dipresentasikan Hanggoro pada acara tersebut berjudul Student Community Service in Sukaraja, Rajabasa, South lampung, Indonesia: Interprofessional Education and Practice for Tsunami Disaster Recovery yang merupakan hasil dari kegiatan KKN Peduli Bencana UGM. 

Sementara Widyandana mengangkat topik tentang Community Cadre Training in Rural Areas by Health Interprofessionals Undergraduate Students yang merupakan hasil program CHFC-IPE FKKMK UGM.

Presentasi Hanggoro banyak mengupas bagaimana pendekatan KKN UGM dalam menangani bencana tsunami di Selat Sunda, khususnya di Sukaraja, Rajabasa, Lampung Selatan. 

?Mahasiswa KKN yang dikirimkan ke sana waktu itu sebanyak 25 orang dari berbagai fakultas. Kami menitikberatkan program kerja kami pada kesehatan, pendidikan, dan lingkungan, sesuai permasalahan utama yang didapatkan saat penilaian awal,?kata Hanggoro, Sabtu (14/9).

Ia menceritakan saat itu mahasiswa tinggal selama 25 hari di lokasi KKN dan berhasil melaksanakan beberapa program kerja. Program kerja di bidang kesehatan yang dilaksanakan antara lain penyuluhan perilaku hidup sehat dan kesehatan reproduksi, bersih pantai, dan pemeriksaan kesehatan. Sedangkan di bidang pendidikan, program yang dilaksanakan meliputi sekolah ceria, perpustakaan keliling, pembuatan rumah pohon pustaka, dan donasi buku untuk anak. Di bidang lingkungan, dilakukan  pelatihan pembuatan dan penjualan keripik pisang “SangRakata”, pemasangan rumpon, dan pemetaan potensi wisata, untuk menggerakkan kembali roda perekonomian masyarakat yang terhenti akibat tsunami.

?Selama KKN, dalam memberdayakan masyarakat lokal, kami bekerja sama dengan Kagamacare yang sudah lebih dulu datang,?urainya.

Hanggoro bukan sekali ini saja mengangkat program bertema KKN di forum internasional. Sebelumnya ia pernah mempresentasikan hasil KKN di TUFH Conference 2018 di Limerick, Irlandia.

Ia berharap KKN ke depan akan semakin berdampak luas pada pemberdayaan masyarakat sehingga UGM semakin dikenal sebagai universitas dengan social accountability yang tinggi. Dengan begitu, akan banyak pelajar asing yang mengikuti KKN PPM UGM sebagai sarana pembelajaran dengan pendekatan lintas disiplin ilmu.

Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Prof Ir Priyambada, MEng, PhD, mengapresiasi capaian tersebut. Irfan mengaku sudah lama memimpikan tentang tulisan terkait KKN dan manfaatnya. KKN selama ini, kata Irfan, berfungsi sebagai alat atau sarana, tapi kali ini sebagai objek bahasan. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.