Berita Nasional Terpercaya

Karhutla, KLHK Terjunkan Tim Penyelamat Primata

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menerjunkan tim penyelamat primata seperti orangutan di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Tim penyelamat saat ini sudah berada di lokasi kebakaran Sumatra dan Kalimantan.

Dirjen Konservasi, Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK, Wiratno mengatakan spesies primata yang paling parah terdampak kebakaran, spesies orangutan. “Kebakaran membuat mereka kehilangan rumah. Ada beberapa yang kena infeksi saluran pernafasan akut (ISPA),” ujarnya di sela-sela Simposium dan Kongres Primata Indonesia ke-5 di UGM, Rabu 18 September 2019.

Tak hanya tim penyelamat, Wiratno menyebut KLHK juga akan menggandeng masyarakat sekitar untuk turut membantu menyelamatkan primata. Nantinya, primata yang berhasil diselamatkan akan dikirim ke sejumlah tempat rehabilitasi khusus primata seperti Labanan, Nyaru Menteng, dan Batubelin untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan intensif sebelum dilepasliarkan ke alam.

“Kita akan pantau makanannya dan obat-obatan. Kandangnya juga khusus supaya bisa dikembalikan lagi ke alam,” imbuhnya.

Wiratno meyakini kebakaran hutan kali ini akan segera teratasi. Harapannya, agar tidak terlalu mengganggu ekosistem hutan tempat tinggal orangutan.

Diketahui, saat ini, ada 37 orangutan Kalimantan Tengah (pongo pygmaeus pygmaeus) di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng, Bukit Batu, Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang terkena infeksi saluran napas atas (ISPA) akibat asap yang  menyelimuti Kota Palangka Raya sepekan terakhir. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.