Berita Nasional Terpercaya

Ingin Kuliah tapi Tidak Punya Biaya? Ini Tipsnya

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kuliah merupakan impian hampir setiap lulusan SMA, dan sederajat. Namun, tidak semua dari mereka bisa mewujudkan impian itu. Salah satu kendala yang cukup umum dihadapi oleh para lulusan SMA tersebut adalah masalah biaya. Pasalnya, tidak semua orang mampu membayar biaya kuliah yang memang tidak murah.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Kendati demikian, ketiadaan biaya semestinya tidak membuat patah semangat. Kalau Anda ingin kuliah, tapi tidak punya biaya, berikut adalah lima tips yang bisa Anda coba sebagaimana dirangkum dari CNN Money, Senin (23/9).

Mendaftar Beasiswa

Tips pertama yang bisa Anda coba, jika Anda ingin kuliah tapi tidak punya biaya adalah mendaftar beasiswa. Pasalnya, banyak beasiswa kuliah yang tersedia, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta. Beasiswa tersebut juga menyediakan beragam fasilitas, mulai dari hanya biaya kuliah saja, hingga biaya hidup. Selain itu, Anda juga bisa mencari kampus yang menyediakan beasiswa. Namun, untuk mendapatkan beasiswa tersebut Anda harus mampu menunjukkan prestasi yang baik, tidak hanya prestasi akademik, tetapi juga prestasi non akademik.  

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Memanfaatkan Pinjaman Pendidikan

Tips kedua yang bisa Anda coba, jika Anda ingin kuliah tapi tidak punya biaya adalah memanfaatkan pinjaman pendidikan. Pinjaman pendidikan adalah pinjaman yang diberikan kepada mahasiswa untuk membiayai kuliah. Mahasiswa wajib mengembalikan pinjaman tersebut setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan dengan cara mengangsur. Namun, tidak banyak lembaga yang menyediakan pinjaman pendidikan. Kalaupun ada, Anda mesti memilih lembaga mana yang benar-benar terpercaya dalam memberikan beasiswa pendidikan.

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Bekerja Paruh Waktu

Tips ketiga yang bisa Anda coba, jika Anda ingin kuliah tapi tidak punya biaya adalah bekerja paruh waktu. Petakan jadwal kuliah Anda, dan carilah pekerjaan yang bisa Anda lakukan pada waktu senggang. Menjadi pelayan di kafe-kafe lokal mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kafe-kafe tersebut biasanya mencari tenaga untuk bekerja pada sore hingga malam hari. Meskipun tidak sebesar gaji dari bekerja penuh waktu, gaji dari bekerja paruh waktu bisa Anda tabung untuk membayar biaya kuliah.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Berwirausaha

Tips keempat yang bisa Anda coba, jika Anda ingin kuliah tapi tidak punya biaya adalah berwirausaha. Cobalah berjualan secara online. Anda misalnya bisa memulai dengan menjadi reseller produk orang lain, sehingga tidak membutuhkan modal yang besar. Dengan berjualan online, Anda bisa bekerja di mana saja dan kapan saja, termasuk  di rumah pada waktu-waktu senggang di luar jadwal kuliah. Hasil yang didapatkan dari berjualan online juga cukup besar, sehingga bisa digunakan untuk membayar biaya kuliah. (aji)

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.