Berita Nasional Terpercaya

Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro Direncanakan Mulai Lebih Pagi

0

YOGYA, BERNAS.ID – Waktu pelaksanaan uji coba Malioboro semi pedestrian yang akan memasuki uji coba keempat pada 1 Oktober direncanakan digelar lebih pagi yaitu dimulai pukul 06.00 WIB hingga berakhir pukul 21.00 WIB.

?Jam pelaksanaan uji coba yang sebelumnya dilakukan pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB saat uji coba ketiga, direncanakan dikembalikan ke pukul 06.00 WIB untuk uji coba keempat seperti saat uji coba pertama dan kedua,? kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif, Rabu (25/9/2019).

Agus menyebut, pengembalian waktu pelaksanaan uji coba ke pukul 06.00 WIB tersebut ditujukan agar kegiatan bersih-bersih Malioboro yang dilakukan seluruh komunitas di kawasan wisata tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Kegiatan uji coba semi pedestrian dilakukan setiap Selasa Wage atau bertepatan dengan gerakan ?Reresik Malioboro? yang dilakukan seluruh komunitas. Pada hari tersebut, seluruh komunitas termasuk PKL di Malioboro tidak berjualan.

Selain itu, menurutnya sudah ada sejumlah masyarakat maupun wisatawan yang memanfaatkan momentum uji coba semi pedestrian sejak pagi untuk menikmati suasana Malioboro yang bebas kendaraan bermotor meskipun puncak aktivitas masyarakat di Malioboro saat uji coba tetap terjadi pada sore hari.

Walau demikian, menurut Agus, rencana tersebut masih akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan sejumlah pihak terkait lain.

Sedangkan untuk sistem manajemen lalu lintas yang akan diterapkan tetap mengacu pada uji coba tahap ketiga yaitu memberlakukan jalan sirip di sepanjang Malioboro sebagai jalan dua arah, sehingga tidak ada kendaraan bermotor yang diperbolehkan melintas di Malioboro.

Jalan sirip yang diberlakukan dua arah meliputi Jalan Sosrowijayan, Jalan Dagen, Jalan Perwakilan, dan sebagian penggal di ruas Jalan Suryatmajan. Khusus untuk simpang Jalan Suryatmajan, kendaraan bermotor masih diperbolehkan melintasi Jalan Malioboro untuk menuju Jalan Pajeksan yang diberlakukan satu arah ke barat.

Arah masuk dan keluar kendaraan di Jalan Sosrowijayan dan Jalan Dagen berada di sisi barat atau di Jalan Gandekan. Sedangkan arah masuk dan keluar kendaraan di Jalan Perwakilan berada di sisi timur atau di Jalan Mataram.

?Secara keseluruhan, uji coba tahap ketiga berjalan lancar. Hampir tidak terjadi ?traffic jam? di ruas-ruas jalan tertentu yang sebelumnya kami perkirakan akan terjadi kemacetan,? katanya.

Selama uji coba, lanjut Agus, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga melakukan upaya pengaturan lalu lintas dengan mengoptimalkan fungsi area traffic control system (ATCS), meminimalisasi kendaraan yang putar arah, serta mengatur lajur kendaraan di jalan tertentu.

?Saat ?peak hour? atau jam pulang kerja, memang terjadi peningkatan kepadatan arus lalu lintas, tetapi tetap berjalan lancar,? katanya.

Ia mengatakan, akan mengumpulkan seluruh data lalu lintas dari hasil pemantauan pada seluruh pelaksanaan uji coba sebagai bahan kajian untuk menentukan manajemen lalu lintas yang paling sesuai diterapkan di kawasan Malioboro saat ditetapkan sebagai semi pedestrian secara penuh.

?Uji coba juga mungkin saja dilakukan di luar Selasa Wage, misalnya saat akhir pekan,? tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.