Berita Nasional Terpercaya

Yenny Wahid Wanti-wanti Jokowi Jangan Sepelekan Aksi Demonstrasi Mahasiswa

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Yenny Wahid, anak dari Presiden RI ke-4 Abdurrahma Wahid alias Gus Dur mengapresiasi sikap mahasiswa yang menolak sejumlah Rancangan Undang Undang (RUU) yang disusun DPR dan pemerintah. Yenny menganggap demo mahasiswa sebagai fenomena yang menarik lantaran mereka bergerak atas keinginan sendiri.

Yenny pun menyarankan para elit politik untuk merefleksikan diri, karena dalam proses pengambil keputusan tidak melibatkan masyarakat, khususnya mahasiswa.

?Mahasiswa tidak dilibatkan dalam proses pengambil keputusan untuk menentukan masa depan mereka sendiri. Sekarang mereka protes,? kata Yenny Wahid di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2019).

Yenny mewanti-wanti, jika aspirasi mahasiswa, pelajar, dan masyarakat tidak dikelola dengan baik, maka dikhawatirkan akan menjadi gelombang yang lebih besar lagi. Oleh karena itu, dia meminta kepada pemerintah agar tidak menyudutkan para demonstran dengan membangun narasi demo di DPR serta di beberapa wilayah lainnya telah ditunggangi.

?Retorika yang menyebut mahasiswa melaksanakan aksi-aksi karena ada motif politik tertentu harus dihindari,? ujarnya.

Justru seharusnya, DPR dan pemerintah berjiwa besar dengan mempertimbangkan masukan dari mahasiswa dan berbagai elemen masyarakat lainnya terkait Rancangan KUHP, UU KPK hasil revisi, RUU Pemasyarakatan dan RUU lainnya.

?Yang harus diutamakan yaitu mendengarkan aspirasi yang mereka suarakan. Dengan cara seperti itu mahasiswa dan pelajar bisa lebih reda emosinya,? tutur Yenny.

Ia juga mengimbau kepada para mahasiswa dan pelajar juga masyarakat melakukan aksi demonstrasi dengan damai sesuai koridor hukum.

?Tidak menggunakan kekerasan dengan tetap mewaspadai penyusupan pihak-pihak yang bermaksud mencderai tujuan murni aksi unjuk rasa mahasiswa,? sarannya. (sbh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.