P1TL CPNS 2018 Tuntut Realisasikan Kebijakan Afirmasi


26 September 2019

Kegiatan Rakornas Kepegawaian Tahun 2019 BKN di Hotel Marriot Rabu 25 September 2019 (foto: Jati/Bernas.id)

SLEMAN, BERNAS.ID- Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah berlangsung di Yogyakarta Marriott Hotel, Rabu (25/9) kemarin membahas detail kebijakan dan rencana rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Rakornas tersebut sekaligus menjadi forum evaluasi dan koordinasi manajemen kepegawaian. 

Dalam forum tersebut turut dibahas kebijakan rekrutmen CPNS 2019. Selain itu juga kebijakan terhadap P1 yaitu peserta seleksi CPNS 2018 yang lolos passing grade seleksi kompetensi dasar (PG SKD). Kebijakan itu menyebutkan bahwa peserta P1 dapat menggunakan kembali nilai SKD tahun 2018  pada seleksi tahun 2019 pada formasi jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang digunakan saat melamar CPNS 2018. 

Hasil rakornas tersebut, khususnya kebijakan P1 mengecewakan para pelamar CPNS 2018 yang masuk dalam kategori P1 TL yaitu peserta yang telah lolos PG SKD dan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). Pasalnya, kebijakan yang dikeluarkan tersebut baru diberikan pada P1, tetapi belum pada P1TL. Kebijakan yang ada belum menjawab  tuntutan yang telah dilayangkan pada KemenPAN-RB beberapa waktu lalu untuk memberikan afirmasi kepada P1 TL. 

Tuntutan itu berdasar  pada hasil Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR RI dengan MenpanRB dan BKN RI pada tanggal 22 Januari 2019 lalu telah disepakati untuk memberikan afirmasi kebijakan bagi peserta CPNS 2018 P1 yang lulus berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 37 Tahun 2018 sebanyak 3% dapat menjadi CPNS dari jumlah itu yg belum terserap menjadi CPNS tinggal 1% atau sebanyak 28.543 dengan 4 status. Kesepakatan tersebut dijanjikan untuk segera direalisasikan sembari mencari formula yang tepat, tetapi hingga saat ini tidak kunjung diwujudkan.

Para P1TL yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lulusan PG SKD-SKB CPNS 2018 koordinator Forum beberap kali bersurat termasuk kepada Presiden yg tindak lanjutnya diteruskan ke MenPAN-RB dan beberapa kali  komunikasi dengan Pihak KemenPAN-RB dan dengan Sekneg, tetapi tidak membuahkan hasil. Koordinator Forum Komunikasi Lulusan PG SKD-SKB CPNS 2018, Suwarto menyebutkan terdapat ribuan orang yang berstatus P1TL gagal menjadi CPNS tahun 2018 dikarenakan PermenPAN-RB No. 61 tahun 2018 yang terbit di tengah berlangsungnya tahapan seleksi. Hal tersebut menutup peluang bagi sebagian dari mereka yang lulus sebanyak 3% dari total peserta SKD  atau 37% dari total alokasi formasi dan  sekaligus menunjukkan tidak adanya kepastian hukum. 

“Peserta yang lolos PG SKD dibiarkan tidak lanjut ketahap berikut atau hanya sampai mengikuti SKB disisi lain justru mengakomodir peserta yang tidak lolos PG SKD. Terjadi ketidakadilan karena optimalisasi penyerapan hanya ditujukan pada mereka yang justru tidak lulus, sedangkan bagi yang lulus tidak diberlakukan optimalisasi penyerapan,” tuturnya dalam rilis yang diterima Kamis (26/9).

Hal tersebut disebutkan Suwarto menunjukkan adanya pelanggaran etika hukum berdasarkan KUHP pasal 1 ayat b. Pada akhirnya sekaligus melanggar HAM sebab terjadi kesewenang-wenangan dalam membuat regulasi untuk pelaksanaan seleksi CPNS 2018.

Penyelenggaraan tes CPNS awalnya diatur dalam PermenPAN RB No. 36 tentang kriteria penetapan kebutuhan PNS dan pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018. Kemudian disusul dengan PermenPAN RB no 37 tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS Tahun 2018. Nilai ambang batas SKD untuk tiap komponen yakni  tes intelegensia umum (TIU) 80, tes karakteristik pribadi (TKP) 143 dan tes wawasan kebangsaan (TWK) 75.

Tes CPNS dibagi ke dalam dua tahap yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan SKB.  Mereka yang lolos tes dan memiliki passing grade (PG) atau nilai di atas ambang batas, disebut dengan P1L.Namun setelah pelaksanaan tes SKD ternyata banyak formasi jabatan yang mengalami kekosongan. Guna mengatasi hal tersebut KemenPAN RB akhirnya menerbitkan PermenPAN RB no 61 tahun 2018. 

Menurut Suwarto upaya optimalisasi penyerapan lulusan pasing grade SKD berdasarkan PERMENPAN No. 37 sebenarnya dapat dilakukan dengan mengisi dilokasi yang tidak ada yang lulus passing grade SKD. Dengan begitu seharusnya saat menyusun peserta SKB mereka yang lulus passing grade SKD dibagi habis sesuai jenis jabatannya dengan memindahkan ke lokasi lain. 

“Terjadi penumpukan kelulusan di satu lokasi dan di beberapa lokasi terjadi kekosongan sehingga melahirkan P1TL. Mereka gagal menjadi CPNS disebabkan peluang yang terjadi akibat banyaknya yang tidak lulus ditutup kebijakan menyaring kembali yang tidak lulus dengan menurunkan grade yang sangat rendah,” jelasnya.

Suwarto mengatakan sebanyak 261 P1TL yang merupakan perwakilan P1 TL se-Indonesia yang tergabung dalam Forum Komunikasi PG SKD CPNS 2018 ini telah berupaya melakukan komunikasi dengan pihak KemenPANRB. Namun usaha itu tidak pernah ditanggapi secara tertulis oleh Menpan RB dan dengan didampingi kuasa hukumnya, Pitra Romadoni Nasution, menyampaikan somasi pada Menteri PAN RB pada 14 Agustus 2018 lalu. Lagi-lagi somasi yang disampaikan kembali tidak direspon secara tertulis oleh Menpan RB sehingga mereka mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

“Kami sudah 3 kali bersurat ke Menpan RB dan 3 kali ke Presiden yg semua tindak lanjutnya bermuara di Menpan. Komunikasi langsung terkait hal itu tercatat 5 kali dilakukan dan telah memperoleh tanggapan namun sampai saat ini Menpan RB tidak memberikan tanggapan secara tertulis. Begitu pula terkait 3 kali somasi yang dilayangkan hanya 1 somasi yg ditanggapi positif namun  tidak dilakukan secara tertulis,”urainya.

Pada Kamis (25/9) lalu bersamaan dengan rakornas BKN, akhirnya pengadilan dilaksanakan, tetapi karena ketidakhadiran perwakilan pihak DPR menjadikan sidang diundur 3 minggu ke depan.

“Kita tidak lakukan uji materi, tapi meminta kompensasi atas terbitnya PermenPAN RB No 61 tersebut agar P1TL yang telah lolos PG SKD dan SKB dengan status memenuhi syarat maka lanjut pemberkasan. Lalu P1 Yang baru lulus berdasar PG SKD lanjut SKB,”tegasnya

Salah satu P1TL, Kurnia yang mengikuti tes CPNS 2018 untuk formasi jabatan Analis Kemitraan BPPAUD DIY-Kemendikbud mengatakan dirinya turut dirugikan dengan terbitnya Permenpan RB No 61 tahun 2018. Sebab aturan tersebut tidak mengikuti standar passing grade, tetapi dengan menyaring kembali rangking pada mereka yang tidak lulus. 

“Jadi tidak lagi memperhatikan passing garde untuk ketiga penilaian TIU, TKP, TWK, berapapun nilainya untuk masing-masing komponen yang penting jumlah nilai 255. Setelah adanya Permenpan RB 61 ini TIU minimal 80 menjadi 25 sangat jauh dari passing grade,”paparnya. 

Untuk itu dia kembali menyampaikan harapan kepada Kemenpan RB untuk bisa segera merealisasikan hasil RDP1 dengan memberikan afirmasi menjadi PNS. Pasalnya, P1TL telah lulus PG SKD dan mengikuti SKB dengan status memenuhi persyaratan seleksi CPNS. 

“P1TL sudah lulus PG SKD dan ikut SKB, status memenuhi syarat sehingga layak untuk langsung pemberkasan,” pungkasnya. (jat)


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Politik

Terima Pimpinan MPR, Presiden Jokowi Ingin Pelantikan Khidmat dan Sederhana

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10/2019). Kesepuluh pimpinan MPR dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Dalam per ...

Daerah

KPU dan Pemkab OKU Tandatangani NPHD

OKU, BERNAS.ID - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU menandatangani Naskah Perjanjian  Hibah Daerah (NPHD) bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Komplek Pemkab OKU, Senin (14/10/2019). Diungkap ...

Budaya

Ucap Syukur, 1000 Jeep Kenduri di Bunker Kali Adem

SLEMAN, BERNAS.ID- Sebagai bentuk rasa syukur, 1000 sopir jeep wisata Merapi menggelar Kenduri Raya Sewu Jeep Merayap Merapi di Lapangan Boyong Kaliurang Sleman, Senin pagi 14 Oktober 2019. Kenduri syukur ini dilakukan sebab pasca erupsi ...

Politik

Diperkarakan Soal Cuitan, Hanum Rais Bolos Rapat Paripurna DPRD DIY

YOGYA, BERNAS.ID - Anggota DPRD DIY dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Hanum Salsabiela Rais, hari ini (14/10/2019) mangkir dalam rapat paripurna ke-54 masa persidangan III tahun 2019. Berdasarkan pantauan Bernas.id, rap ...

DIY

KPK Akan Lumpuh dalam Tiga Hari ke Depan

SLEMAN, BERNAS.ID- Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM menyakini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan lumpuh dalam tiga hari ke depan jika pemerintah tidak melakukan intervensi dengan mengeluarkan Perppu KPK agar Undang-undang (UU) KPK ...

Daerah

Gowes Bersama Memeriahkan HUT TNI ke 74

OKU, BERNAS.ID - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) didampingi Dandim 0403/ OKU dan Kapolres OKU melepas ratusan peserta Gowes HUT TNI ke 74 dengan tema "Gowes Sehat Bersama TNI Profesional Kebanggaan Rakyat", di halaman Rumah Dinas B ...

Politik

Gabung di Kabinet Jokowi-Ma'ruf, Pengamat: Prabowo Capek Jadi Oposisi

JAKARTA,BERNAS.ID - Kuat kemungkinan Partai Gerindra akan masuk ke dalam Pemerintahan Jokowi-Maruf. Setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu empat mata dengan Presiden Joko Widodo. Pengamat Politik, Hendri Satrio ...

Politik

Prabowo Dipastikan Hadir di Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dipastikan akan hadir di acara pelantikan Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024 terpilih, Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada 20 Oktober 2019 mendatang. “Ya kalau ...

Hukum dan Kriminal

Abu Rara Mengaku Tidak Tahu Yang Ditusuknya Adalah Wiranto

JAKARTA, BERNAS.ID - Kepada polisi, Syahril Alamsyah alias Abu Rara mengaku dirinya tidak tahu kalau yang ditusuknya adalah Menko Polhukam Wiranto. Abu Rara menceritakan begitu melihat kapal dirinya secara spontan ke alun-alun. &ldquo ...

Pendidikan

STIEBBANK Tandatangani Kerjasama dengan Organisasi Pelaku Wisata

SLEMAN, BERNAS.ID- Kampus STIEBBANK Yogyakarta melakukan penandatanganan kerjasama dengan Badan Promosi dan Pariwisata Sleman (BPPS), Omah Bahasa, dan Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) di Gelanggang Kampus STIEBBANK, Jumat 11 Oktober 2019 ...

Budaya

Tepis Kesan Ekslusif, Sejumlah Model Fashion Show Batik di Bandara Adisutjipto

SLEMAN, BERNAS.ID- Ada yang menarik di area ruang tunggu Terminal A Bandara Internasional Adisutjipto. Sejumlah model berbusana batik berlenggak-lenggok memperagakan 28 rancangan busana milik Yunet Wahyuningsih, sekaligus menyapa secara la ...

DIY

Alumni UGM Setia Pancasila, Menolak Politisasi Agama di Kampus

SLEMAN, BERNAS.ID- Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Forum Madani menolak politisasi agama di kampus. Untuk itu, Alumni UGM Setia Pancasila mengeluarkan pernyataan sikap menyikapi perkembangan yang terjadi akhir-akhir ini seperti kul ...

DIY

Muslim United Ngotot Diadakan Walau Tak Dapat Izin Kraton Jogja

YOGYA, BERNAS.ID -- Meskipun tidak diberi izin oleh Kraton Yogyakarta, acara Muslim United 2019 tetap nekat digelar di Masjid Gedhe Kauman, kompleks Kraton Yogyakarta. Ribuan orang tampak memadati tempat penyelenggaraan acara hari pertama, ...

DIY

Alumni Terusik dengan Sikap dan Ucapan Takmir Masjid UGM

SLEMAN, BERNAS.ID- Alumni Universitas Gadjah Mada dan Forum Madani menolak politisasi agama di kampus. Hal ini dilontarkan terkait adanya rencana kuliah umum Ustad Abdul Somad bertema "Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ...

Hukum dan Kriminal

Kondisi Terkini Wiranto, Sudah Bisa Bicara dengan Jelas

JAKARTA, BERNAS.ID - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Agum Gumelar, menjenguk Menko Polhukam di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Dia menyebut kondisi Wiranto yang ditusuk saat berkunjung ke Pandeglang, Banten, semakin membaik. &ld ...

Politik

Wiranto Ditusuk, Arnold Thenu Minta Kepala BIN Dicopot

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua FORMAMA (Forum Masyarakat Maluku) Arnold Thenu, meminta Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dicopot dari jabatannya atas rentetan peristiwa seperti kerusuhan Mei di Jakarta, kerusuhan Papua, aksi unju ...

Politik

Presiden Jokowi Jenguk Menkopolhukam di RSPAD Gatot Subroto

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjenguk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (10/10/2019). Wiranto diketahui tengah menjalani penangan ...

Olahraga

Semaraknya Pembukaan Porda DIY 2019

YOGYA, BERNAS.ID - Ratusan penari  menyemarakkan pesta pembukaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY 2019 yang  berlangsung di Stadion Mandala Krida, Kamis (10/10/2019) malam. Lewat seni gerak dan tari, ratusan pen ...

Politik

Presiden Jokowi : Usut dan Tindak Tegas Pelaku Serangan Terhadap Menkopolhukam

JAKARTA, BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Polri untuk mengusut tuntas dan menindak tegas pelaku penusukan beserta jaringannya terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto ...

DIY

Proyek Apartemen Barsa City Diprotes Warga Sekitar

SLEMAN, BERNAS.ID- Proses pembangunan proyek konstruksi gedung bertingkat yang berdekatan dengan pemukiman padat penduduk acapkali menimbulkan persoalan sosial di masyarakat sekitar. Kamis siang (10/10), warga Padukuhan Ngentak Depok Caturt ...

Hukum dan Kriminal

Wiranto Ditikam, Pengamat Teroris: JAD Berafiliasi dengan ISIS Incar Pejabat Negara

JAKARTA, BERNAS.ID - Pelaku penikaman terhadap Menko Polhukam Wiranto disebut merupakan bagian dari kelompok teroris lama, yakni Jamaah Anshorud Daulah (JAD). Demikian dikatakan pengamat teroris, Al Chaidar saat dimintai t ...

DIY

Kebakaran Hanguskan Sebuah Rumah di Kemetiran

YOGYA, BERNAS.ID - Kebakaran telah menghanguskan rumah milik Mirianto, warga Kemetiran Kidul, Pringgokusuman, Kecamatan Gedongtengen Yogyakarta, Rabu (9/10/2019) malam. Diduga, penyebab kebakaran karena korsleting listrik. Nugroho, salah ...

Olahraga

Obor Timoho Siap Kobarkan Semangat Atlet Porda XV dan Peparda II DIY

YOGYA, BERNAS.ID - Obor Timoho telah tiba di halaman Balaikota Jogja, Rabu (9/10/2019) malam, dalam Welcome Dinner Kontingen Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) II Tingkat DIY Tahun 2019. Obor karya pemaha ...

DIY

Tiba-tiba Ambrol, Dua Pekerja Tertimpa Reruntuhan Talud RSUD Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID- Tak dipungkiri, evakuasi salah satu korban yang tertimpa material talud sisi timur RSUD Sleman pada pukul 10.15 WIB membutuhkan waktu yang lama. Talud yang ambrol memiliki tinggi 3 meter dengan panjang 6 meter. Salah s ...

Daerah

Kesbangpol Sleman dan FKUB Sleman Lakukan Kunker ke Kota Pontianak

PONTIANAK, BERNAS.ID - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sleman melalukan kunjungan kerja (kunker) dalam bentuk studi orientasi ke Kantor Kesbangpol Kota Pontianak, ...

Olahraga

Kota Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Porda 2019

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kota Yogyakarta menjadi tuan rumah penyelenggaran Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Olahraga Paralympic Daerah (Peparda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2019 yang akan resmi dibuka besok Kamis 10 Oktober ...

DIY

UGM Meminta Kuliah Umum Ustad Abdul Somad Dibatalkan

SLEMAN, BERNAS.ID- Universitas Gadjah Mada (UGM) meminta rencana kuliah umum bersama Ustad Abdul Somad dan Profesor Dr Heddy Shri Ahimsa Putra, MBA, PhD pada hari  Sabtu, 12 Oktober 2019 jam 12.45 - 14.30 WIB bertema "Integrasi Is ...

Hukum dan Kriminal

BNNP DIY Musnahkan Sabu Sebanyak 5 Ribu Gram

YOGYA, BERNAS.ID - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis metafetamin (sabu) sebanyak 5.465 gram. Barang bukti narkoba tersebut dimusnahkan dengan cara diarutkan dalam  air dan d ...

DIY

Sertijab, KSAU: AAU Berperan Strategis bagi Masa Depan TNI AU

SLEMAN, BERNAS.ID- Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) melakukan serah terima jabatan (sertijab) Gubernur Akademi Angkatan Udara dari Marsda TNI Tatang Harlyansyah kepada Marsda TNI Nanang Santoso dan penandatanganan pakta ...

Kesehatan

Ironi BPJS, Anggaran untuk Orang Miskin Dipakai Menalangi Orang Kaya

SLEMAN, BERNAS.ID- Perkiraan Defisit BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) saat ini sekitar 18 trilyun rupiah lebih. Untuk menalangi defisit BPJS itu, dana untuk orang miskin PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang bersumber dari APBN dipakai ...

Politik

BUMN Watch: Jangan Kasih Ruang Paham Radikal Menjalar di BUMN

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Koordinator BUMN Watch Naldi Haroen, SH., meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengangkat menteri yang diduga terpapar radikal. "Saat mengangkat menteri tahun 2019-2024 ini Presiden Jokowi harus ber ...

DIY

Jangan Ketinggalan, Hari Ini 8000 Lowongan Pekerjaan Dibuka di UGM

SLEMAN, BERNAS.ID- Bagi kamu para pencari kerja di Jogja, ayo datang ke Job Fair dan Career Expo, Be Hero For Your Life di Grha Saba Pramana UGM, dari tanggal tanggal 8-10 Oktober 2019. Job karir ini menawarkan 8000 lebih lowongan pekerjaan ...

Politik

Daerah-daerah Ini Mendapatkan Penghargaan Terinovatif, Yogya Kok Nggak Dapat !

JAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang inovatif. Pemberian penghargaan diberikan dalam acara malam puncak anugerah ‘Innovative Government Award 2019’ yang ...

Budaya

Kerennya Kapi-Kapi, Tokoh Wayang Khas Jogja, di WJNC Ke-4

YOGYA, BERNAS.ID - Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) ke-4 digelar Senin (7/10/2019) malam. Acara budaya yang megah ini digelar untuk merayakan HUT ke-263 Kota Yogyakarta. Ada satu hal yang menarik dari WJNC ke-4, yakni mengangkat tema W ...

DIY

Menaker: Saya Percaya Garis Tangan

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Hanif Dhakiri menyerahkan kepada pemilih alias Presiden Joko Widodo terkait apakah nanti dirinya akan dipilih lagi sebagai menteri tenaga kerja lagi. Ia mempercayai garis tangan. "K ...

DIY

Di Jogja, Menaker Berbicara Upskilling Tenaga Kerja

SLEMAN, BERNAS.ID- Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Hanif Dhakiri menyebut pentingnya peningkatan skill bagi tenaga kerja di Indonesia karena saat ini ada sekitar 136 juta angkatan kerja. Namun, ia mengatakan 58 persennya lulusan SD dan SMP, ...

DIY

Jalan Jagalan Sudah Jadi Searah. Bagaimana Dampaknya?

YOGYA, BERNAS.ID – Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Jagalan Yogyakarta sudah menjadi satu arah dari selatan ke utara, sejak Jumat (23/8/2019) lalu. Hingga kini, masih sering ditemui beberapa pengendara kendaraan yang melanggar ...

Hukum dan Kriminal

Sabu-sabu Senilai 5 Milyar Gagal Diselundupkan Via Jogja

SLEMAN, BERNAS.ID- Angkasa Pura I Yogyakarta melakukan ekpos temuan barang terlarang berwujud sabu-sabu 5,5 kilogram senilai 5 milyar rupiah yang coba diselundupkan melalui Bandara Adisutjipto pada hari Minggu tanggal 29 September 2019 seki ...

DIY

Warga Jogja Tanami Kawasan Proyek Mangkrak dengan Jagung

YOGYA, BERNAS.ID - Sudah satu bulan lebih proyek perbaikan Saluran Air Hujan di Jalan Babaran, Kota Jogja mangkrak, terhitung sejak tersandungnya proyek itu setelah dilakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Karena tak kunjung mendapa ...

DIY

#HUT263Jogja Jadi Trending Topik di Twitter

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Hari ini tanggal 7 Oktober 2019, Kota Yogyakarta genap berusia 263 tahun. Warganet di seluruh Indonesia pun ramai-ramai mengucapkan selamat ulang tahun. Tak pelak #HUT263Jogja pun menjadi trending topik di jagat maya ...

DIY

Semangat Serbuan Kotabaru Diharapkan Diwarisi Semua Pihak

YOGYA, BERNAS.ID - Peristiwa Serbuan Kotabaru merupakan salah satu peristiwa heroik yang patut dikenang dan diperingati oleh bangsa Indonesia. Semangat para pejuang dalam mengalahkan tentara Jepang harus diwarisi oleh generasi masa kini. ...

Budaya

Kades Sendangadi Mlati: Festival Angon Bocah Bentuk Karakter Anak

SLEMAN, BERNAS.ID- Untuk mewujudkan Dusun Ramah Anak di wilayah Kabupaten Sleman, ratusan anak memeriahkan Festival Angon Bocah. Ratusan anak terlibat dalam sejumlah kegiatan, misalnya pertunjukan seni dan budaya, permainan tradisional, hin ...

Budaya

David Foster Tampil Spektakuler di Batik Music Festival

KLATEN, BERNAS.ID - Tiga mahakarya dunia, yakni Candi Prambanan, musik dari David Foster dan deretan musisi papan atas, dan batik, disatukan dalam Batik Music Festival, Sabtu (5/10/2019) malam di pelataran Candi Prambanan. Ini adalah ajang ...

Lingkungan

13 Pendaki Gunung Raung Berhasil Dievakuasi Tim SAR

BANYUWANGI, BERNAS.ID - Sebanyak 13 orang pendaki Gunung Raung berhasil dievakuasi turun ke Pos Kalibaru, pada Sabtu (5/10/2019) pukul 11.30 WIB. Pendaki sebanyak 13 orang ini terdiri dari dua orang guide, dua orang porter, dua orang pendak ...

DIY

Rayakan HUT Pertama, LLDIKTI Wilayah V DIY Gelar Jalan Sehat

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam rangka memperingati HUT ke-1 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta digelar acara jalan sehat yang diikuti kurang lebih 600 peserta yang berasal dari PTS dan PTN wilaya ...

Lifestyle

Kustomfest 2019 Coba Kembali ke Akar Budayanya

BANTUL, BERNAS.ID - Indonesian Kustom Kulture Festival (Kustomfest) sudah menginjak usia kedelapan, dimana dalam proses perjalanannya makin memberi warna di ranah kustom kulture Nusantara.  Tahun ini, Kustomfest yang digelar 5-6 Oktobe ...

Budaya

Batik Music Festival Hadirkan David Foster di Prambanan Besok Malam

SLEMAN, BERNAS.ID - Tiga mahakarya dunia, yakni Candi Prambanan, musik dari musisi AS David Foster, dan batik, akan disatukan dalam Batik Music Festival, Sabtu (5/10/2019) malam di pelataran Candi Prambanan. Ini adalah ajang pertama yang di ...

Lifestyle

Ontoseno, Nama Lucky Draw Kustomfest 2019

SLEMAN, BERNAS.ID - Pada setiap penyelenggaraan Kustomfest, Lucky Draw yang dihadirkan selalu menjadi perhatian publik. Pada perhelatan kedelapan ini, Kustomfest 2019 - Back To The Roots menghadirkan Lucky Draw yang dinamakan Ontoseno. O ...

DIY

Si Jago Merah Hanguskan Tiga Ruangan di SMAN 1 Yogyakarta

YOGYA, BERNAS.ID - Kebakaran melanda tiga ruangan kegiatan belajar mengajar siswa di SMA 1 Yogyakarta, Jumat (4/10/2019) pagi. Tiga ruangan yang meliputi ruang KIR, Pramuka dan PMR hangus dilalap si jago merah. Penyebab kebakaran didug ...

Pendidikan

Prof Nurilah: Alumni Miliki Potensi dalam Membangun Citra STIA LAN Jakarta

JAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Jakarta, Prof. Dr. Nurilah Nurdin, MA mengatakan, status alumni  STIA LAN  melekat pada setiap diri lulusan. Alumni, kata dia,  ...