Berita Nasional Terpercaya

Menuju Era Smart Society, Perpusnas Lakukan MoU dengan Puluhan Perguruan Tinggi

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Sebanyak 35 rektor/direktur Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta (PTS) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando.

Penandatanganan MoU dilakukan di sela kegiatan Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia di Bandar Lampung, pada Kamis (3/10/2019). MoU merupakan jawaban atas perkembangan di era industri 4.0.

Dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0. Ciri khas dari era ini adalah mengedepankan smart technology yang melahirkan smart society. Smart society dipahami sebagai aktivitas masyarakat yang aktif menggunakan informasi, komunikasi, dan teknologi dalam menunjang pekerjaan, termasuk aktivitas ekonomi.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Syarif Bando menyatakan, saat ini, perguruan tinggi harus menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era industri 4.0. Silabus harus diubah dan kampus harus menghasilkan lulusan yang kompeten, bukan hanya mengandalkan ijazah.

?Dosen harus mampu mengantarkan mahasiswa kepada pekerjaan fisik dan kreatif. Jangan terpaku pada bidang pekerjaan yang nantinya akan hilang 5-10 tahun mendatang. Dan mahasiswa jangan menganggap mulia dengan gelar sarjana,” kata Syarif Bando dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Sesuai Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pasal 24, bahwa setiap perguruan tinggi menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan, baik dari jumlah koleksi (judul/eksemplar) untuk mendukung pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat selain untuk mengembangkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta mengalokasikan dana untuk pengembangan perpustakaan.

Perpusnas mencatat hingga saat ini dari 4.644 perguruan tinggi di Indonesia, di mana sebanyak 382 merupakan perguruan tinggi negeri dan 4.262 adalah perguruan tinggi swasta, 222 di antaranya sudah memperoleh akreditasi.

?Namun, dari 4.644 perguruan tinggi, hanya 200 PTN/PTS yang sudah melakukan MoU dengan Perpusnas. Dari jumlah tersebut, sebanyak 135 perguruan tinggi yang telah tergabung dalam portal Indonesia OneSearch (IOS) milik Perpusnas,? jelas Syarif Bando.

Ruang lingkup MoU meliputi tujuh poin yaitu pengembangan SDM bidang perpustakaan; pengembangan dan pemanfaatan aplikasi otomasi perpustakaan; pengembangan TIK di bidang perpustakaan dan perluasan jejaring perpustakaan melalui pengembangan pangkalan data dan repository digital (IOS, iPusnas); pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan; pertemuan ilmiah, penelitian, dan publikasi bersama; penghimpunan dan pelestarian karya cetak dan karya rekam (KCKR); dan pelaksanaan promosi perpustakaan dan pengembangan budaya baca. (Ivan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.