Berita Nasional Terpercaya

Yogyakarta Comic Weeks, Bukti Komik Lokal Juga Berkualitas

0

YOGYA, BERNAS.ID?Sebuah pameran menarik digelar Dinas Kebudayaan Provinsi DIY bersama Kelompok Komikus Yogyakarta Mulyakarya. Pameran komik yang bertajuk Yogyakarta Comic Weeks 2019 digelar di kompleks Museum Sonobudoyo selama dua pekan, mulai Selasa (8/10/2019) sampai Senin (21/10/2019).

Pameran tersebut menampilkan komik-komik karya komikus, baik dari Jogja maupun nasional. Pameran digelar untuk memberikan apresiasi terhadap kreativitas anak muda dalam berkarya, khususnya komik.

Seniman muda asal Jogja, Yudha Sandy yang juga pendiri Mulyakarya menjelaskan bahwa pameran komik tersebut merupakan pameran komik pertama di Jogja. Kegiatan itu telah diawali dengan acara lokakarya komik untuk pelajar SMA/SMK se-DIY yang sudah digelar pada 20-22 Agustus lalu.

“Dalam workshop itu juga digelar lomba pembuatan komik oleh 100 peserta lokakarya, lalu dipilih 30 terbaik yang dipamerkan pada acara Yogyakarta Comic Weeks,” terangnya, Rabu (9/10/2019).

Di samping 30 komik karya peserta workshop, dalam Yogyakarta Comic Weeks juga dipamerkan karya sejumlah komikus dari Tanah Air. Bahkan juga ada beberapa komikus dari luar negeri.

?Namun tetap, persentasenya, sekitar 80% dari komikus Jogja,? imbuh Sandy.

Ia meneruskan, dalam Yogyakarta Comic Weeks, dipamerkan pula komik karya komikus legendaris Harya Suraminata atau Hasmi dan Abdussalam. Hasmi adalah komikus yang terkenal dengan karyanya Gundala Putra Petir. Sementara Abdussalam populer dengan komik strip bertajuk Kisah Pendudukan Jogja yang diterbitkan salah satu media massa lokal Jogja pada 1952. 

?Lewat pameran ini, kami berharap bisa memberikan semangat dan memberikan inspirasi kepada masyarakat baik yang suka komik maupun yang tidak, agar yang tidak suka komik menjadi suka dengan komik,? kata dia.

Tak hanya pameran komik, dalam Yogyakarta Comic Weeks juga digelar berbagai acara lain seperti pemutaran film, diskusi komik, peluncuran komik, lapak komik, drama komikal, dan Komik Kostum. Terdapat juga bazar komik setiap Sabtu dan Minggu selama dilangsungkannya Yogyakarta Comic Weeks. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.