Berita Nasional Terpercaya

Corak Batik KA Prameks Bakal Dihilangkan

0

YOGYA, BERNAS.ID – PT KAI (Persero) siap merombak tampilan KA Lokal Prameks dalam waktu dekat. Sebanyak empat trainset Prameks bakal dirombak.

Executive Vice President (EVP) Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto, menjelaskan rangkaian kereta yang tadinya bermotif corak batik dan warna dasar beragam akan diseragamkan dengan warna putih.

“Perubahan warna sebetulnya bukan tujuan utama kami. Kami lebih mengedepankan aspek kehandalan sarana, dan kenyamanan pengguna jasa KA Prameks,” kata Eko, Selasa (15/10/2019).

Tak hanya sisi luar, untuk menunjang kenyamanan dan kehandalan sarana Prameks, PT KAI juga bakal merombak interior serta eksterior transportasi yang menghubungkan Solo hingga Kutoarjo ini. Fasilitas kenyamanan seperti air conditioner (AC) baru juga bakal disematkan.

“Maka selain perbaikan eksterior seperti pengecatan, perbaikan komponen mesin dan alat bantu lainnya kami utamakan. Selain itu kami programkan sampai akhir tahun ini semua KA lokal termasuk KA Pramek harus ber-AC,” sambung Eko.

Eko Budiyanto, Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, menambahkan proses perombakan ini nantinya ditargetkan akan selesai pada akhir tahun.

“(proses perbaikan) Sudah sebagian. Akhir tahun ini keempatnya harus sudah selesai,” jelasnya.

Ia menambahkan, pengguna jasa KA Lokal ini selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Saat ini sudah dilayani 21 trip yang menghubungkan relasi Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Kutoarjo pulang pergi.

Peningkatan ini dibuktikan dengan data pengguna jasa transportasi ini di 2016 mencapai 2.973.891 penumpang, meningkat di 2017 menjadi 3.650.144 penumpang dan tahun lalu 2018 naik menjadi 3.940.671 penumpang.

Dan untuk tahun 2019 periode mulai awal Januari sampai dengan akhir Agustus 2019 sudah ada sebanyak 2.537.023 penumpang.

Pihaknya memperkirakan, jumlah peminat KA Komuter Prameks dari tahun ke tahun akan terus mengalami peningkatan.

“Dengan jumlah 4 armada Prameks yang dioperasikan saat ini masih banyak penumpang yang tidak mendapatkan tiket sehingga harus rela menggunakan KA lain (terusan) manakala jumlah penumpang KA Prameks sudah melebihi quota yakni 100 persen duduk dan 50 persen berdiri,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.