Berita Nasional Terpercaya

Industri Material Kehutanan Masa Depan Perlu Diperkuat

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Industri material kehutanan yang berorientasi pada material masa depan perlu diperkuat. Penguatan dapat dilakukan dengan eksplorasi dan diversifikasi produk dan jasa hasil hutan.

Dr Ragil Widyorini, salah satu panitia kegiatan menyampaikan selain sebagai ajang diskusi antara berbagai pemangku kepetingan terkait, kegiatan Research Update ini menjadi sarana diseminasi hasil penelitian terkini dalam bidang kehutanan.

“Acara ini sebagai wadah diseminasi hasil penelitian dan pengabdian terkini kehutanan serta untuk memperkuat kesepakatan dan hubungan praktisi, akademisi, peneliti dalam kerja sama penelitian, pengabdian dan lainnya untuk mendukung kejayaan kehutanan Indonesia,” jelasnya dalam Seminar Nasional bertema Penguatan Material Industri Kehutanan Masa Depan di Fakultas Kehutanan UGM, Kamis 17 Oktober 2019.

Melalui kegiatan ini, lanjut Dr Ragil, diharapkan dapat mendukung penguatan industri material kehutanan masa depan, sebab produk hasil hutan masa depan dituntut berfungsi secara komersial dalam jangka panjang. Selain itu, dari bahan baku yang dapat diperbaharui, konsumsi waktu dan energi produksi yang minimun tergolong brendah energi dan tidak berbahaya bagi  manusia dan lingkungan.

Inovasi dan aplikasi teknologi, menurut Ragil dibutuhkan untuk menghasilkan produk akhir tepat guna di skala industri, misal eksplorasi dan peluang diversifikasi hasil hutan baik kayu dan nonkayu terutama material untuk industri kehutanan dan bisnis kehutanan berbasis ekowisata, sebuah inovasi yang patut dilakukan.

Kegiatan research update tersebut diikuti puluhan peneliti, akademisi, serta praktisi dari berabgai daerah di Indonesia. Dalam acara itu juga dipaparkan hasil penelitian terkini bidang kehutanan yang meliputi 49 paper dan 30 poster. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.