Berita Nasional Terpercaya

Walikota Jogja: Hasil Porda Jadi Cambuk

0

YOGYA, BERNAS.ID – Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV dan Peparda atau Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) II DIY 2019 resmi ditutup. Upacara penutupan berlangsung semarak Jumat (18/10/2019) malam di Halaman Balaikota Yogyakarta.

Kabupaten Sleman keluar sebagai juara umum dengan perolehan 140 emas, 122 perak, dan 157 perunggu (total 419 medali).

Upacara penutupan dimeriahkan dengan penampilan Tari Penghormatan Cahaya Kemanangan dari Sanggar Nusantari. Kelompok ini terdiri dari 50 penari yang berasal dari beberapa kampus di Jogja. 

Tarian ini mengekspresikan perayaan kemenangan para atlit dalam mengejar dan memperjuangkan prestasinya. Riuh semangat bersinergi dengan daya juang, menyatu dalam tubuh sebagai cahaya harapan. Para penari mengenakan kostum hitam-perak dengan satu burung emas menjadi maskotnya.

Walikota Jogja, Haryadi Suyuti, mengatakan selaku tuan rumah penyelenggaraan kegiatan menjadi kehormatan tersendiri bagi Kota Jogja karena dapat memberikan fasilitas, layanan, dan sarana prasarana terbaik bagi seluruh kontingen.

“Kami menyadari pelaksanaan kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari kekurangan maupun hal-hal yang belum dapat kami penuhi secara optimal. mudah-mudahan hal ini dapat menjadi evaluasi berharga bagi jajaran Pemkot Jogja dalam menyelenggarakan ajang-ajang olahraga yang lebih besar,” ujarnya.

Ia mengucapkan selamat kepada Kabupaten Sleman yang menjadi juara umum sekaligus menjadi tuan rumah Porda 2022 mendatang.

“Selamat kepada para pemenang mudah-mudahan kedepan akan diiringi prestasi-prestasi lain menuju puncak prestasi terbaik seorang atlet,” ujarnya.

Ia berharap prestasi ini dapat mendukung kontingen DIY dalam ajang PON di Papua 2020 mendatang. “Bagi yang belum meraih posisi kami berpesan tetaplah semangat dalam memotivasi diri meningkatkan kemampuan menembus batas keterbatasan melalui latihan dan kerja keras,” sambung Haryadi.

Kepada masyarakat Kota Jogja ia minta maaf karena belum bisa memenuhi target prestasi sebagai tuan rumah yakni menjadi juara umum. “Ini menjadi cambuk agar kami bisa berkoordinasi dan membina atlet dengan lebih baik,” katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo yang hadir dalam upacara penutupan ini, setelah menerima trofi, ia menyatakan Sleman siap menjadi tuan rumah Porda dan Peparda 2022 mendatang.

“Selamat kepada para atlet. Kami akan dorong terus untuk meningkatkan prestasi,” katanya. 

Inilah klasemen akhir perolehan medali Porda XV DIY:

Kontingen        Emas    Perak    Perunggu    Total
1. Sleman          140        122          157           439
2. Kota Jogja    132        131          133           396
3. Bantul            122        131          161           415
4. Kulonprogo     40         28            64            132
5. Gunungkidul   18         39             59            116
(den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.