Berita Nasional Terpercaya

Dukung Milenial Bertani, Pertamina Luncurkan Petani Idaman

0

BANTUL, JOGJA- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta meluncurkan program CSR bertemakan Petani Idaman (Pemuda Inovatif dan Mandiri) di kawasan ?Jogja Youth Farming?, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta pada Jumat 1 November 2019.

Kegiatan yang awalnya diinisiasi Terminal BBM (Fuel Terminal) Rewulu ini dihadiri oleh Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan Budi Prasojo selaku Manager Sales & Distribution Pertaminta MOR IV . Program ini melibatkan para pemuda sebagai upaya regenerasi petani dan menarik minat pemuda untuk bekerja disektor pertanian.

Fuel Terminal Manager Rewulu, Rahmad Febriadi mengatakan isu utama pertanian saat ini kurangnya minat generasi muda atau milenial untuk meneruskan produktivitas di bidang pertanian ke depan. ?Berdasarkan data yang kami dapat dari berbagai sumber, hanya sekitar 25-31% para petani di Indonesia yang saat ini berusia antara 18-35 tahun, sisanya berusia di atas 35 tahun,” jelasnya di lokasi peluncuran.

“Dari data itulah kami berinisiatif meningkatkan minat tersebut dengan program Petani Idaman yang akan memfasilitasi Taruna Tani Desa Argomulyo yang beranggotakan 70 pemuda dengan sarana & prasarana pertanian terpadu (pertanian, perikanan, peternakan dan pengelolaan sampah),” imbuh Rahmad.

Program Petani Idaman merupakan salah satu program bidang pemberdayaan yang dilaksanakan oleh Pertamina melalui Terminal BBM Rewulu. ?Program Petani Idaman dengan Jogja Youth Farming sebagai salah satu sarananya akan menjadi media edukasi sekaligus pariwisata sehingga ke depannya,” katanya.

“Untuk itu kami berharap masyarakat setempat akan menjadi lebih mandiri, generasi muda semakin berminat dalam sektor pertanian dan tujuan peningkatan ekonomi pun tercapai,” tutup Rahmad. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.