Berita Nasional Terpercaya

Rumah Zakat Terus Konsisten dalam Gerakan Wakaf

0

JOGJA, BERNAS.ID- Rumah Zakat terus konsistensi dalam menebarkan kebaikan melalui Gerakan Gelombang Wakaf. Hal itu terus dilakukan dengan kembali menggelar Road Show Gelombang Wakaf di sebuah hotel di Kota Yogyakarta, Sabtu, 2 November 2019.

Roadshow yang menghadirkan dua pembicara, yaitu CEO Rumah Zakat, Nur Efendi dan pakar parenting Faudzil Adhim mengangkat tentang tema ?Wakaf Investasi Akhirat, ke Surga Bersama Keluarga?.

?Gerakan Gelombang Wakaf ini dilatarbelakangi oleh minimnya edukasi wakaf di Indonesia. Ditambah saat ini sebagian masyarakat hanya mengenal wakaf dalam bentuk harta tidak bergerak saja yang identik dengan wakaf tanah dan bangunan,” ujar CEO Rumah Zakat, Nur Efendi dalam paparannya 

Dalam aturannya, sebut Nur, wakaf bisa berbentuk uang, emas, mobil, dan barang lainnya yang bisa digunakan untuk kepentingan sosial. Apabila wakaf dikelola dengan baik oleh lembaga wakaf atau nazhir, hasil dari wakaf produktif tersebut bisa mensejahterakan masyarakat Indonesia.

?Oleh karena itu salah satu fokus campaign Gelombang Wakaf adalah memberikan edukasi dan keterlibatan masyarakat terhadap program wakaf,” imbuh Nur Effendi 

Sedangkan, Pakar Parenting, Ustad Faudzil Adhim menjelaskan bahwa ketika manusia sudah mati, amal yang tidak terputus adalah sodakoh jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak soleh yang mendoakan. “Yang dimaksud dengan sodakoh jariyah menurut Imam Nawawi,  kita berikan harta kita, peruntukannya semata-mata untuk Allah,” ujarnya.

“Meski sudah mati, tapi sodakoh jariyah dalam bentuk wakaf itu akan masih bisa melahirkan pahala,” imbuhnya.

Ustad Faudzil menyebut sodakoh jariyah atau harta yang dikeluarkan sedang sehat lebih memiliki pahala daripada dikeluarkan saat sedang sakit. “Kita harus mempercayakan wakaf kita kepada siapa pengelolanya agar kebaikan terus mengalir dari sana, misal seperti Rumah Zakat ini,” ujarnya.

Rumah Zakat juga bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri dalam Program Wakaf melalui flatform Jadiberkah.id. Jadiberkah.id adalah platform wakaf digital untuk memudahkan transaksi wakaf baik bagi pemberi wakaf (wakif) atau pihak yang menerima harta benda wakaf (nazhir)

Di akhir acara Rumah Zakat juga mengajak peserta untuk menunaikan wakaf sekolah Juara, dimana sekolah tersebut merupakan sekolah gratis yang diperuntukan untuk  anak-anak yatim dan kurang mampu. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.