Berita Nasional Terpercaya

Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro Bakal Dilaksanakan Selain Selasa Wage

0

YOGYA, BERNAS.ID– Uji coba semi pedestrian di kawasan Malioboro bakal dilakukan dua kali lagi di luar Selasa Wage, hari pelaksanaan rutin selama inj. Sebab ajang Selasa Wage dinilai telah berubah dengan diisi banyak event atau atraksi seni budaya. Sehingga uji coba semi pedestrian kurang efektif dan butuh waktu untuk mengetahui kondisi lapangan apabila Pedagang Kaki Lima (PKL) tetap berjualan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Sigit Sapto Rahardjo menyampaikan, pihaknya akan melakukan uji coba dua kali lagi di luar momentum Selasa Wage yang sudah dilaksanakan lima kali. 

“Uji coba semi pedestrian di kawasan Malioboro kali ini masih dibarengkan dengan momentum Selasa Wage yang digelar untuk kelima kalinya. Rencananya, bulan ini ada uji coba di luar Selasa Wage dan terakhir Desember 2019 mendatang. Kami masih akan melakukan koordinasi dengan Dishub Kota Yogyakarta karena mereka leading sector-nya dan kami mem-backup,” kata Sigit, Selasa (5/11/2019).

Menurut Sigit, momen Selasa Wage lebih tepat untuk event dan atraksi seni budaya, bukan untuk uji coba semi pedestrian lagi. Uji coba kawasan Malioboro tetap akan ditutup sehingga bebas dari kendaraan bermotor dan PKL tetap bisa berjualan.

“Tugas kami bukan event-event di Selasa Wage, tetapi kami bertugas mengamankan lalu lintas dan jalan. Jadi kalau ada event tetap saya tutup dan saya amankan,” sambungnya.

Dalam uji coba tersebut, pihaknya akan mencoba manajemen lalu lintas terutama untuk jalan satu arah, perputaran hingga penataan lalu lintas di sirip-sirip Malioboro. Termasuk pemindahan rambu lalu lintas dan pemindahan pembatas jalan supaya lebih memperlancar arus lalu lintas.

“Seharusnya kawasan Malioboro sudah bebas dari kendaraan bermotor tahun depan, tetapi kita masih terkendala di sirip-sirip itu. Jadi kita uji coba semi pedestrian dua kali tidak di Selasa Wage. Kita juga sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.