Berita Nasional Terpercaya

Tim Assesor Perpusnas Visitasi Perpustakaan Sekolah Kusuma Melati, SMAN 1 Mlati Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Tim Assesor Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mengunjungi perpustakaan sekolah Kusuma Melati SMA Negeri 1 Mlati, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Tim Assesor Perpusnas diwakili oleh Drs Sudirwan Hamid, MH dan Dra Sri Lestari.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Mlati Sleman, Muhamad Romdoni mengatakan dengan adanya akreditasi perpustakaan dari Perpusnas bisa memberikan manfaat dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolahnya. “Akreditasi ini merupakan pengakuan secara formal dalam mewujudkan perpustakaan sesuai Perpusnas dan perkembangan zaman sehingga terwujud perpustakaan yang komprehensif untuk mewujudkan sumber informasi yang baik,” jelasnya di sela-sela kegiatan akreditasi.

Ia juga menyampaikan harapannya, semoga setelah akreditasi perpustakaan sekolah Kusuma Melati bisa semakin mengharumkan dan membanggakan peserta didik di sekolahnya.”Akreditasi ini sangat penting karena perpustakaan ini sebagai jantung sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” ujarnya.

Sedangkan, Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten Sleman, Drs Priyo Santosa mengatakan akreditasi perpustakaan sekolah bisa menunjukkan kinerja dari kepala sekolah. “Dalam akreditasi ada koordinasi dan konsolidasi dengan berbagai pihak agar bjsa mewujudkan perpustakaan sekolah yang sesuai standar Perpusnas karena ada indikator dan komponen yang dipenuhi,” ujarnya.

Ia juga menyebut di dalam akreditasi ada semangat untuk mewujudkan perpustakaan sekolah yang layak dengan keterbatasan yang ada. “Semangat itu yang perlu diapresiasi agar pelayanan perpustakaan bisa lebih baik lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Assesor Perpusnas, Drs Sudirwan Hamid mengatakan proses akreditasi sudah masuk tahun yang kelima dari Perpusnas. “Tujuannya untuk melihat sejauh mana perpustakaan sekolah melakukan kegiatan, apakah sudah sesuai dengan standar perpusnas,” katanya.

Senada dengan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Mlati Sleman, Sudirwan mengatakan perpustakaan sekolah merupakan jantung sekolah apabila jantungnya sehat sekolah akan sehat. “Dalam langkah-langkah yang harus dilakukan untuk akreditasi, yang paling penting adalah komitmen dari sekolah untuk mewujudkan itu,” katanya.

Ia pun mengatakan untuk perpustakaan sekolah Kusuma Melati SMA Negeri 1 Mlati Sleman sudah baik dan bagus meski ada beberapa hal yang masih perlu dilengkapi. Untuk aspek yang dinilai dari akreditasi, ia mengatakan dari segi koleksi, layanannya, SDMnya, anggaran, dan pelaksanaan pelayanannya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.